Wednesday, November 30, 2016

Pikiran Kita Menentukan Kualitas Hidup Kita

Di dalam hidup, terkadang seseorang harus menghadapi pahitnya hidup. Tak semua orang selalu berada di posisi atas, ada kalanya berada di posisi bawah.

Hal ini terkadang membuat pikiran seseorang kacau. Mereka menjadi pesimis dan takut untuk melangkah, memikirkan masa depan saja membuatnya takut. Padahal, apa yang akan terjadi pada kita ditentukan juga oleh pikiran kita. Tak percaya?
Berpikirlah secara positif / Gambar via dominicaapplegate.com

Bukti bahwa pikiran kita menentukan kualitas hidup kita

Suatu hari, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menjenguk seseorang yang sedang sakit demam. Beliau menghibur orang tersebut dan berkata, "Semoga penyakitmu ini menjadi penawar dosamu."

Namun, orang tersebut malah menjawab, "Tapi ini adalah demam yang mendidih, yang menimpa orang tua yang sudah peot, yang bisa menyeretnya ke lubang kubur."

Mendengar perkataan orang tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata, "Kalau demikian anggapanmu, maka akan begitulah jadinya."

Dari dialog di atas, kita dapat belajar bahwa hidup kita ini ditentukan oleh pikiran kita sendiri. Jika ridha dengan kesusahan yang sedang kita derita, maka kita bisa jadikan penderitaan itu sebagai pelebur sebagian dosa kita. Atau sebaliknya, jika tidak ridha maka kita yang memilih penderitaan itu menjadi hal buruk.

Apakah tidak sebaiknya pikiran buruk itu kita hilangkan dan kita menjadi orang yang berpikir positif. Misalnya, ketika ditimpa kesusahan, kita anggap kesusahan itu sebagai ujian yang kemudian Allah Ta'ala akan mengangkat derajat kita jika kita mampu melewati ujian tersebut.

Dalam hadits riwayat At Tirmidzi disebutkan, "Barangsiapa yang ridha, maka ke ridha an itu untuknya. Barangsiapa yang benci, maka kebencian itu akan menjadi miliknya."

Ingat, jika memikirkan kebahagiaan, maka kita akan bahagia. Jika memikirkan kesedihan, maka kita akan sedih. Jika berpikiran takut, maka kita akan takut. Pikiran mempengaruhi kualitas hidup kita. Jadi, berpikirlah positif dan lapangkan hati untuk selalu ridha terhadap keputusan Allah Ta'ala. Wallahu a'lam bishawab.
Pikiran Kita Menentukan Kualitas Hidup Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top