Friday, November 18, 2016

Sebelum Tidur, Baca Ayat Al Qur'an ini!

Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam, yang dapat dijadikan pedoman hidup seluruh umat Islam di dunia. Sudah sewajibnya kita sebagai umat Islam dapat membaca dan mengilhami apa yang ada pada Al Qur'an.

Tak hanya setelah sholat, membaca Al Qur'an itu juga dianjurkan di banyak waktu, salah satunya adalah waktu sebelum tidur. Kita membutuhkan perlindungan dari Allah Ta'ala, baik ketika bangun maupun tidur. Dan Al Qur'an adalah salah satu cara agar Allah Ta'ala selalu menjaga kita.
Baca Al Qur'an / Gambar via new-muslims.info
Inilah ayat Al Qur'an yang baik dibaca sebelum tidur:
  1. Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas

    Kebiasaan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas, telah dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sebelum tidur. Hal ini seperti apa yang dikisahkan dalam sebuah hadits.

    Aisyah Radhiyallahu 'anha berkata, "Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan 'Qul huwallahu ahad' (surat Al Ikhlas), 'Qul a'udzu birobbil falaq' (Surat Al Falaq), dan 'Qul a'udzu birobbin naas' (Surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali." (HR. Bukhari)
  2. Ayat Kursi

    Untuk melindungi diri dari gangguan jin, baiknya kita baca Ayat Kursi sebelum tidur.
  3. Dua Ayat Terakhir dari Surat Al Baqarah

    Dalam Hadits Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkannya."
  4. Surat Al Kafirun

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam juga mengajarkan untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur.
  5. Surat Al Mulk dan As Sajdah

    Dalam penjelasan Jabir bin Abdillah, beliau berkata, "Tidaklah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk)." (HR. Bukhari)
Semoga, surat yang kita baca ini dapat menjadi pelindung kita di dunia maupun di akhirat kelak, dan kita dapat dijauhkan dari siksa api neraka, Aamiin.
Sebelum Tidur, Baca Ayat Al Qur'an ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top