Saturday, November 12, 2016

Sholat Anak Masih Bolong? Atas dengan Cara ini!

Sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan. Anak yang sudah akil balik harusnya sudah memiliki kesadaran untuk melakukan sholat lima waktu tanpa bolong. Namun kenyataannya, masih ada saja anak bahkan yang sudah remaja, sholatnya masih bolong.

Inilah tugas orang tua yang termasuk berat, menyuruh anak untuk melakukan sholat lima waktu. Dari orang tua sendiri juga seharusnya mencontohkan dengan melakukan sholat lima waktu agar ditiru oleh anaknya. Ada cara lain agar anak mau sholat lima waktu tanpa harus disuruh dan tanpa bolong, mau tahu bagaimana caranya?
Biasakan anak sholat sejak dini / Gambar via islamicbulletin.org
Inilah cara mengatasi sholat anak yang masih bolong:
  1. Bandingkan dengan Gelas Bolong

    Gelas yang bolong tentunya tidak akan dapat terisi air bukan? Sama seperti sholat, jika masih dilakukan dengan bolong-bolong, maka kita akan sulit mendapatkan manfaatnya.
  2. Jelaskan bahwa Amalan yang tidak dapat Ditinggalkan dalam Keadaan Apapun adalah Sholat

    Ketika di perjalanan sejauh apapun kita tetap diharuskan sholat, meskipun boleh dilakukan dengan jamak dan qashar, ketika sakit pun boleh sholat dengan duduk. Hal tersebut menandakan bahwa sholat itu amat penting hingga tidak bisa ditinggalkan bahkan ketika sakit, hanya saja ada keringanan.
  3. Bandingkan dengan Password atau PIN

    Ibarat sebuah email, masuk surga perlu password. Jika passwordnya adalah 24434, tapi hanya 4434 saja yang dimasukkan, tentu tidak dapat terbuka. Begitulah sholat, meski lebih baik daripada tidak sholat, tapi jika ingin mendapatkan manfaat yang baik dari sholat, haruslah dikerjakan sebanyak 5 waktu.
Semoga dengan pemahaman tersebut, anak kita dapat sadar dan tanpa disuruh akan melakukan sholat lima waktu tanpa bolong.
Sholat Anak Masih Bolong? Atas dengan Cara ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top