Thursday, November 17, 2016

Supermoon adalah Tanda Kiamat?

Baru-baru ini, masyarakat bumi sedang dibuat takjub dengan adanya fenomena supermoon. Supermoon merupakan keadaan bulan yang lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Dan supermoon yang terjadi pada bulan November 2016 ini merupakan supermoon yang terbesar sejak 1948, dimana bulan lebih besar 14% dan 30% lebih cerah dari biasanya.

Biasanya, kemunculan supermoon ini dekat dengan bencana alam dan mitos yang beredar di masyarakat adalah bahwa munculnya supermoon mengindikasikan akan terjadi bencana alam yang besar. Benarkah demikian?
Supermoon / Gambar via space.com

Benarkah supermoon adalah tanda kiamat?

Mitos bahwa supermoon adalah tanda datangnya bencana dibantah oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin. Ia berkata, "Dengna ramalan bencana sesungguhnya tidak ada kaitannya. Pada saat purnama, beberapa potensi bencana ada, tapi tidak selalu. Kecuali ada hal lain yang memperkuat."

Mengenai hal ini, ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Diantara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat adalah menggelembung (membesarnya) bulan sabit."

"Diantara tanda dekatnya hari Kiamat adalah hilal (bulan sabit) terlihat lebih awal hingga hilal malam pertama dikatakan sebagai hilal malam kedua, masjid-masjid dijadikan sebagai tempat melintas dan banyaknya terjadi kasus kematian mendadak." (Hadits riwayat Imam Ath Thabrani)

Hal ini membuat sebagian orang cemas akan datangnya supermoon yang berkaitan dengan datangnya kiamat. Namun, menurut Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, supermoon bukanlah tanda dari suatu bencana jika tidak ada penyebab lainnya.

Tapi, jika supermoon dibarengi dengan kondisi alam yang buruk misalnya cuaca yang sedang buruk, bisa jadi akan datang bencana. Hal ini juga menyebabkan pasang maksimum, jadi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir harus waspada.

Jika supermoon dikaitkan dengan bencana alam, maka ini bukanlah penyebabnya. Tapi, jika supermoon dikaitkan dengan datangnya kiamat besar, maka kita tidak ada yang tahu. Hanya Allah Ta'ala lah yang tahu kapan datangnya kiamat, kita sebagai umat manusia harus selalu siap menyambutnya.

Wallahu a'lam bishawab.
Supermoon adalah Tanda Kiamat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top