Tuesday, November 15, 2016

Terlalu Cemas pada Kesehatan dapat Meningkatkan Risiko Penyakit

Semua orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat, terhindar dari penyakit dan dapat memiliki umur yang panjang. Namun, kebanyakan dari mereka terlalu khawatir jika mereka terjangkit penyakit yang berbahaya.

Memang mengantisipasi datangnya penyakit itu baik, tapi jika terlalu mengkhawatirkan akan mengidap suatu penyakit, justru akan benar-benar mengidap penyakit tersebut. Penyakit yang akan muncul jika terlalu cemas pada kesehatan adalah penyakit jantung.
Jangan terlalu mencemaskan kesehatan / Gambar via moneyaware.co.uk

Bagaimana bisa penyakit jantung datang karena orang terlalu cemas?

Kecemasan menjadi satu faktor terjadinya sakit jantung dan sekarang, para peneliti telah mengatakan bahwa orang yang percaya mereka akan memiliki penyakit serius jua akan terkena penyakit juga. Orang yang mengalami kecemasan tersebut harus dirawat dengan baik.

Orang yang memiliki kecemasan tinggi ini akan melakukan hal-hal berlebihan pada dirinya, seperti mencari informasi untuk meyakinkan dirinya mengenai suatu penyakit dan sering ke dokter untuk melakukan periksa dan cek kesehatan yang tidak menemukan masalah apapun. Ada juga mereka yang lebih memilih menghindar dan seolah tak ingin tahu mengenai penyakitnya.

Sebuah penelitian terbaru dilakukan pada 7.000 orang partisipan di Studi Kesehatan Hordaland Norwegia (HUSK), dan mereka yang diteliti adalah orang kelahiran 1953-1957. Partisipan diminta untuk mengisi dua kuesioner tentang kesehatan, gaya hidup, dan pendidikan mereka.

Hasilnya sungguhn mencengangkan, sebanyak 710 orang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. Hasil ini berasal dari perhitungan yang diukur dengan skala Whiteley Index.

Kesehatan jantung para peserta juga diikuti saat penelitian. Peneliti menemukan bahwa mereka yang menunjukkan kecemasan saat penelitian ini berlangsung memiliki risiko dua kali lebih besar terserang penyakit jantung.

Mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, kemungkinan 73% mengidap penyakit jantung daripada mereka yang biasa saja.

Jadi, merawat dan menjaga tubuh itu penting, tapi jangan terlalu khawatir tentang tubuh kita karena malah dampaknya tidak baik bagi tubuh.
Terlalu Cemas pada Kesehatan dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top