Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Tuesday, November 8, 2016

Ternyata Inilah Hal Sia-sia yang sering Kamu Lakukan saat Naik Lift!

Sering naik lift kan? Setidaknya kamu pernah lah ya naik lift? Lift adalah alat yang membantu kamu untuk naik ke lantai atas atau turun ke lantai bawah tanpa harus lelah naik tangga.

Di dalam lift, ada beberapa tombol yang masing-masing memiliki fungsi. Memang sederhana, yaitu tombol lantai yang dituju, tombol membuka pintu, tombol menutup pintu, serta tombol emergency. Mana yang sering kamu gunakan?
Tombol tutup di lift / Gambar via architectures.danlockton.co.uk

Sia-sia kamu tekan tombol ini di lift!

Tentu saja tombol lantai tujuan bukan? Dan satu yang juga sering kamu tekan adalah tombol untuk menutup pintu. Maksud hati ingin membuat pintu lift menutup lebih cepat, tapi ternyata hal itu tidak berguna!

Tombol untuk menutup pintu sebenarnya sudah ditiadakan fungsinya sejak tahun 1990. Jadi, meskipun kamu tekan berkali-kali tidak akan membuat pintu lift tertutup dengan cepat.

Lalu kenapa tombol ini masih ada di deretan tombol lift? Memang di dunia ini ada beberapa tombol yang masih dipasang namun tidak memiliki fungsi. Hal ini hanya memberi sugesti pada manusia agar mereka merasa memiliki kontrol.

Memang terdengar aneh dan tidak penting, tapi dengan memberikan sugesti bahwa manusia memiliki kontrol itu sangat penting.

Ellen J. Langer, profesor psikologi dari Harvard University mengungkapkan, "Merasa mempunyai kontrol memang sangat penting. Hal ini dapat menghilangkan stres dan juga meningkatkan mood seseorang."

Meski tidak berfungsi bagi orang biasa, tapi bagi pemadam kebakaran dan pekerja pemelihara lift dapat bekerja dengan baik, meski hanya dengan kode atau kunci tertentu. Umur penggunaan lift biasanya adalah 25 tahun, dan tombol tutup pintu sudah tidak berguna, tapi tombol untuk membuka masih berfungsi.

Jadi begitu readers, sebenarnya tidak berfungsi hanya saja tombol itu membuat kita merasa percaya diri bahwa kita punya kontrol atas lift. Meski sudah tahu, pasti nanti kalau naik lift kita tetap menekannya, hehehe.
 
Atas