Thursday, November 24, 2016

Tips agar Anak Terbuka pada Orang Tua

Tentu menyenangkan jika orang tua dapat dekat dengan anak. Hubungan antara orang tua dan anak tidak hanya formalitas saja, melainkan seperti sahabat. Dimana orang tua dijadikan tempat curhat dan berbagi segala apa yang dirasakan oleh anak.

Jika anak sudah dekat dengan orang tua, hingga dewasa pun hubungan ini akan tetap terjaga. Anak juga akan menjadi pribadi yang patuh pada orang tua. Tapi, bagaimana cara agar anak dapat terbuka pada orang tua?
Orang tua sebagai sahabat anak / Gambar via theodysseyonline.com
Inilah tips agar anak terbuka pada orang tua:
  1. Tidak Men-judge dan Membentak Anak

    Jangan mudah melontarkan label pada anak, terlebih label yang buruk. Jangan juga mudah membentak anak meski mereka melakukan kesalahan.

    Memberi label dan membentak anak akan menjadikan anak takut, apatis, dan tertutup. Ia nantinya akan takut jika curhat pada orang tuanya karena takut dimarahi.
  2. Jadikan Anak sebagai Sahabat

    Meski anak masih kecil, bukan berarti orang tua yang dewasa tidak dapat menjadikan anak sebagai sahabat. Anak sama halnya dengan orang dewasa yang memiliki hati serta perasaan.

    Mereka tentu akan merasa nyaman jika orang tuanya mengajaknya mengobrol, saling bertukar pikiran, sehingga anak pun akan terbuka pada orang tua.
  3. Jangan Membohongi Anak

    Keterbukaan harus diawali dari orang tua. Jangan pernah membohongi anak meski hal kecil. Dengan orang tua selalu jujur pada anak, maka anak pun akan melakukan demikian. Dan juga ingatkan selalu pada anak bahwa berkata bohong itu tidak baik.
  4. Membiasakan Berdikusi setelah Makan Malam

    Momen makan malam biasanya sangat indah karena semua anggota keluarga dapat berkumpul selepas kegiatan hari itu dan keadaan lebih santai.

    Setelah makan malam biasakan untuk berkumpul di ruang keluarga untuk bercerita. Keakraban inilah yang akan membuat anak mudah terbuka.
  5. Biasakan Mendongeng dan Bercerita pada Anak

    Mendongeng dapat menstimulasi kecerdasan bahasa pada anak. Selain itu, dalam buku dongeng anak-anak dan kisah para nabi dan rasul serta sejarah Islam lainnya mengajarkan pendidikan moral dan karakter. Sehingga dari kisah tersebut dapat menjadi pelajaran hidup bagi anak.
Selamat mencoba dan semoga para orang tua bisa lebih dekat dengan anak agar tumbuh kembang anak dapat terpantau dan anak dapat diarahkan ke hal yang baik.
Tips agar Anak Terbuka pada Orang Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top