Saturday, November 19, 2016

Wow! Di Papua ada Pedalaman yang belum Masuk Peta!

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Terdapat lima pulau besar di Indonesia, sedangkan yang lain adalah pulau-pulau kecil yang terletak di sekitarnya. Inilah yang menjadikan Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan keunikan.

Namun sayangnya, terkadang saking kecilnya suatu pulau dan saking jauhnya, daerah tersebut jadi tidak terdeteksi. Bahkan, masih banyak pulau-pulau di Indonesia yang belum masuk dalam daftar peta.
Salah seorang personel TNI di Kampung Digi / Gambar via cendananews.com (Foto : Indrayadi T Hatta)

TNI temukan pulau yang belum masuk dalam peta

Prajurit Batalyong Infantri Raider/700 Kodam VII/Wirabuana beberapa waktu yang lalu menemukan sebuah kampung yang namanya belum ada di peta. Di dalam kampung tersebut bernama Digi, letaknya ada di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua. Kampung ini tergolong sangat pedalaman, penduduknya pun masih sedikit yaitu enam kepala keluarga yang jumlahnya kurang lebih hanya 30 jiwa.

Cara hidup mereka masih sangat tradisional. Jarak antar satu rumah dengan rumah yang lain rata-rata 10-20 meter-an, rumahnya pun masih berbentuk rumah panggung dan gubuk. Makanan utama mereka adalah sagu dan ubi. Distrik terdekat dengan Kampung Digi adalah Distrik Iwur yang jaraknya sekitar 50 km.

Warga telah mendiami kampung ini selama 30 tahun dan dipimpin oleh seorang kepala suku bernama Terry Digibin. Awalnya penduduk berjumlah sekitar 100 jiwa, namun kebanyakan dari mereka sudah menyeberang ke Papua Nugini.

Dibantu oleh kepala Distrik Iwur, Benediktus Bittip, akhirnya para tentara menemukan kampung Digi ini setelah melakukan patroli patok batas yang ada di sekitar Gunung Bintang. Bahasa yang digunakan di Kampung Digi adalah bahasa Papua Nugini.

Operasi patok batas ini dilakukan oleh 16 prajurit dan dipimpin oleh Lettu Kurdi, sejak tanggal 5 Oktober 2016. Batas yang dibangun pada tahun 1984 sudah lama tidak dicek, oleh karena itu banyak yang dinyatakan hilang.

Lebih kasihan lagi bagi warga Kampung Digi, mereka seolah tidak dipikirkan oleh pemerintah setempat. Mereka sangat membutuhkan infrastruktur jalan yang dapat menghubungkan dengan masyarakat lain.

Sampai saat sebelum ditemukan, mereka masih tidak tahu harus mengadu pada siapa karena mereka sendiri bingung akan status mereka, Warga Negara Indonesia atau Papua Nugini.

Menurut kamu bagaimana readers?
Wow! Di Papua ada Pedalaman yang belum Masuk Peta! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top