Sunday, December 25, 2016

Anak Suka Mengisap Jempol? Inilah Tips Mengatasinya!

Melihat bayi mengisap jempol tentu sudah biasa, bahkan terkadang terlihat lucu. Bagi sebagian bayi juga mengisap jempol dapat menenangkan dan mengatasi rasa lapar.

Tapi, kebiasaan mengisap jempol apabila dibiarkan hingga anak tumbuh, tentu tak baik bagi anak. Ada hal-hal yang akan menjadi buruk apabila anak terus terbiasa mengisap jempol.

Jika dibiarkan, akan terjadi masalah gigi pada anak yaitu gigi tonggos karena dorongan jempol di mulut. Tak hanya masalah gigi, jempol pun dapat terkena infeksi karena virus dan bakteri di mulut berpindah ke kulit, menyebabkan masalah infeksi serius pada jempol.
Menghisap jempol / Gambar via mykidsite.com
Sebaliknya, jika anak sudah berada di tingkat pra sekolah, atau sudah berada di sekolah bermain, tangannya akan sering memegang mainan atau benda-benda lainnya, sehingga tangan akan kotor dan berbahaya jika langsung dimasukkan ke dalam mulut.

Jika masih terbawa kebiasaan ini hingga dewasa, maka anak akan dicap sebagai bayi, karena masih berlagak seperti bayi. Teman-temannya pun akan mengejeknya dan ia menjadi anti sosial. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya menghentikan kebiasaan menghisap jempol pada anak.

Inilah tips mengatasi kebiasan anak yang sering mengisap jempol:
  1. Perhatikan Tanda jika Anak Lapar

    Jika anak sering mengisap jempol beberapa jam setelah makan, bisa saja itu menandakan ia lapar. Namun jika belum masuk waktu makannya, orang tua bisa memberikan buah atau jus untuk meredakan lapar si kecil.
  2. Mengganti Kebiasaan

    Lihat kapan saja sang anak menghisap jempol, biasanya anak menghisap jempol jika tangannya tidak melakukan aktivitas seperti ketika menonton TV. Cobalah beri mainan yang dapat diremas supaya kebiasaan menghisap jempol dapat diatasi.
  3. Tunjukkan Akibat Buruknya

    Untuk anak yang sudah besar, berikan contoh akibat buruk dari menghisap jempol. Dengan begitu, ia akan takut untuk mencoba menghisap jempol lagi.
  4. Berikan Rasa Nyaman

    Jika alasan menghisap jempol bayi adalah untuk memberikan rasa nyaman, maka cari alternatif lain agar anak merasa nyaman tanpa menghisap jempol. Misalnya pegang tangan sang anak, atau bermain-main dengan melibatkan tangan anak.
  5. Jempol yang Pahit

    Jika berbagai cara sulit dilakukan, cobalah beri sesuatu agar jari anak menjadi pahit. Bisa cat kuku atau caira apapun yang aman dikonsumsi tapi rasanya pahit. Tentu anak akan kapok menghisap jempol.
Selamat mencoba moms!
Anak Suka Mengisap Jempol? Inilah Tips Mengatasinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top