Sunday, December 18, 2016

Apakah Keinginan Ngidam Harus selalu Dipenuhi?

Ngidam adalah hal yang biasa terjadi pada ibu hamil, tapi ada juga yang tidak. Ngidam terjadi di tiga bulan awal kehamilan. Ngidam merupakan keinginan yang biasa diinginkan ibu hamil, biasanya berupa makanan atau melakukan hal yang tak biasa.

Biasanya ibu-ibu hamil akan meminta supaya keinginannya dipenuhi sebagai dalih jika tidak si anak yang dilahirkan akan ileran. Sebelum ngidam dituruti, sebaiknya perhatikan dulu apakah ngidam itu perlu dituruti.
Hamil / Gambar via ecosmartworld.com

Apakah keinginan ngidam harus selalu dipenuhi?

Sebenarnya, di dalam dunia kedokteran tidak ada istilah ngidam. Ngidam lebih pada kondisi membutuhkan nutrisi dan tubuh memberitahu melalui ngidam. Misalnya ibu hamil ingin makan buah, mungkin menandakan tubuh membutuhkan vitamin.

Ngidam lebih pada kondisi psikis di bawah alam sadar seorang ibu hamil yang menginginkan sesuatu untuk memberi kepuasan pada hati. Biasanya, ibu hamil yang ngidam hanya memerlukan kenyamanan dan kepuasan.

Misalnya ketika merasa kurang energi, ibu hamil ingin makan dalam porsi besar dan setelah mendapatkannya ia akan merasakan kepuasan. Atau ketika ibu hamil ingin mengelus kepala botak sang suami, itu hanya karena ingin mendapatkan kepuasan.

Meski sering dikatikan dengan mitos anak akan ileran jika keinginan ngidam ibu tidak dipenuhi, tapi secara ilmiah hal itu tidak ada hubungannya. Kondisi kesehatan bayi dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi oleh sang ibu. Ngidam boleh saja dituruti, asalkan tidak membahayakan kesehatan ibu dan sang bayi.

Semoga bermanfaat!
Apakah Keinginan Ngidam Harus selalu Dipenuhi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top