Wednesday, December 28, 2016

Apakah Mahar Terbaik dalam Pernikahan? Inilah Jawabannya

Menikah adalah menyatukan tak hanya dua pasangan laki-laki dan perempuan, tapi juga dua keluarga besar akan menjadi satu agar hidup lebih rukun. Pernikahan juga tak hanya masalah cinta, tapi juga harus didasarkan menikah karena Allah Ta'ala.

Berbicara mengenai pernikahan, di dalam Islam dikenal adanya mahar. Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Lalu, mahar apakah yang terbaik dalam pernikahan?
Ilustrasi mahar / Gambar via dostpakistan.pk

Inilah mahar terbaik dalam pernikahan

Mahar merupakan salah satu rukun dalam pernikahan. Meski termasuk rukun, mahar tidak dibatasi minimal atau maksimalnya. Dan mahar itu tidak menyulitkan dan memaksakan.

Seperti dalam sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah." (dari 'Uqbah bin 'Amir radhiyallahu 'anhu)

Dalam riwayat Abu Daud dengan lafazh, "Sebaik-baik nikah adalah yang paling mudah." (HR. Abu Daud, no 2117; Al-Hakim, 2:181. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini shahih. Hadis yang diriwayatkan oleh Al Hakim juga shahih sebagaimana dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Al Irwa', 6:344)

Jadi yang akan menikah, carilah mahar yang tidak menyulitkanmu, karena pernikahan itu memudahkan, bukan menyulitkan.
Apakah Mahar Terbaik dalam Pernikahan? Inilah Jawabannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top