Sunday, December 25, 2016

Awas! Jangan Abaikan Perilaku Anak ini!

Terkadang, orang tua selalu memaklumi perilaku anak, terlebih jika anak masih balita. Kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh anak dianggap sebagai hal yang wajar dan akan hilang seiring pertumbuhannya.

Tapi, hal ini sebaiknya jangan dibiarkan karena justru akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan hingga dewasa. Sebaiknya orang tua waspada akan hal ini!
Anak-anak / gambar via id.pinterest.com
 Jangan abaikan perilaku anak ini:
  1. Mengambil Sesuatu tanpa Izin

    Terkadang anak suka sembarangan memakai barang orang lain dan tanpa sadar mengakuinya sebagai miliknya. Keegoisan anak ini jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kleptomania.

    Caranya berikan peraturan pada anak bahwa ketika ingin memakai barang yang bukan miliknya, harus meminta izin pemiliknya terlebih dahulu.
  2. Memotong Pembicaraan

    Terkadang anak sangat antusias terhadap apa yang akan ia ceritakan pada orang tua, tapi di saat yang sama orang tua sedang berbicara dengan orang lain. Menyela pembicaraan adalah hal yang membuat anak menjadi egois.

    Oleh karena itu, beri pengertian pada anak bahwa memotong pembicaraan itu tidak baik. Jika maish memotong pembicaraan, beri ia hukuman atau jangan kabulkan keinginannya.
  3. Pura-pura tidak Mendengar

    Jika anak berpura-pura tidak mendengar, ulangi dua hingga tiga kali perintah. Jika masih berpura-pura tak mendengar, datangi dia sampai ia mau melakukan apa yang diperintahkan orang tua.
  4. Melebih-lebihkan Fakta

    Jika anak berkata sudah pernah pergi ke Kebun Raya Bogor padahal belum, sepertinya tidak terlalu penting. Tapi, jika hal itu dibiarkan terus-menerus maka akan menjadi kebiasaan yang buruk yaitu suka berbohong.

    Katakan pada anak bahwa kebiasaan berbohong akan membuat ucapannya tidak akan dipercaya meski ia berkata jujur.
  5. Bermain Kasar

    Mencubit, mendorong, atau memukul ketika bermain mungkin dampaknya tidak terlalu besar. Tapi jika terus-menerus dibiarkan, anak akan menganggap hal itu boleh-boleh saja dilakukan.

    Katakan pada anak bahwa hal itu tidak boleh dilakukan dan orang tua bisa menghukum anak dengan tidak memperbolehkan bermain bersama teman jika masih bermain kasar.
Baik buruknya perilaku anak tergantung pada kebiasaannya waktu kecil. Disinilah kepekaan orang tua terhadap anak sangat dibutuhkan agar anak tidak terjerumus ke dalam kebiasaan yang buruk.
Awas! Jangan Abaikan Perilaku Anak ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top