Thursday, December 29, 2016

Awas! Jangan Asal Setel Sandaran Mobil, Akibatnya Bisa Berbahaya!

Di setiap jok mobil, tentu akan dilengkapi sandaran kepala (headrest) di bagian atasnya. Sandaran kepala sering kita sesuaikan dengan posisi kepala kita, karena memang dapat di setel sesuai dengan tinggi kepala kita.

Namun, banyak orang yang menganggap sandaran kepala ini hanya untuk sandaran kepala ketika duduk. Padahal, fungsi sandaran kepala ini bukan hanya untuk sandaran kepala mengistirahatkan leher, tapi lebih dari itu. 

Karena dianggap sepele, orang seringkali juga asal ketika menyetelnya. Padahal, jika disetel asal dapat membahayakan diri, bahkan kesehatan.
Cara yang benar setel sandaran kepala mobil / Gambar via Pinterest loyaltylaw.com 

Inilah akibat berbahaya tidak menyetel sandaran mobil dengan benar

Sandaran kepala sangat berfungsi ketika mobil ditabrak dari belakang. Ketika ditabrak, maka kepala juga otomatis bereaksi ke arah belakang dan disinilah fungsi headrest, yaitu mencegah leher patah.

Sandaran kepala harus pas dengan kepala bagian belakang, jarak juga tidak boleh terlalu jauh, setidaknya jarak antara kepala dengan headrest tidak boleh lebih dari 4 inci.

Penyetelan sandaran kepala juga tidak boleh terlalu tinggi atau rendah, atau malah dilepas. Efek negatifnya berimbas pada leher yang dapat mengalami cedera serius ketika terjadi kecelakaan.

Jika memungkinkan, posisi paling atas headrest sebaiknya sejajar dengan ujung kepala. Jika tidak bisa, setidaknya ujung headrest sejajar dengan bagian tertinggi telinga.

Jadi, jangan sepelekan posisi headrest ya!
Awas! Jangan Asal Setel Sandaran Mobil, Akibatnya Bisa Berbahaya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top