Thursday, December 8, 2016

Awas! Jika Minuman Kemasan Tampak seperti ini, Artinya Sudah tak Layak Konsumsi

Minuman kemasan kini banyak digemari karena sangat praktis. Selain itu, kita dapat dengan mudah membeli minuman kemasan di toko paling kecil sekalipun. Rasa dan jenisnya pun semakin lama semakin banyak, serta minuman kemasan memiliki masa kadaluarsa sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Namun, tak selamanya minuman kemasan itu memberikan kemudahan dan kebaikan. Meskipun masa kadaluarsa masih lama, kita harus tetap waspada akan kemasannya.
Kemasan minuman / Gambar via beveragepouchfilling.com

Waspada, jika minuman kemasan tampak seperti ini, artinya sudah tidak layak konsumsi

Minuman kemasan biasanya memiliki masa kadaluarsa yang lama, berbulan-bulan bahkan ada yang sampai 2 tahun. Meski masa kadaluarsa lama, tidak dapat dipungkiri bahwa sebelum masa kadaluarsa kita sudah tidak dapat menikmati minuman kemasan kita karena kemasannya sudah rusak. Salah satunya disebabkan karena penyimpanan yang salah.

Contohnya saja soda, yang masih dapat dikonsumsi setelah lewat masa kadaluarsa 3 bulan. Yang terpenting kemasan atau botolnya tidak rusak dan tidak terbuka, maka masih aman dikonsumsi.

Berbeda halnya dengan teh dalam kemasan. Jika sudah lewat masa kadaluarsa sebaiknya tidak usah dikonsumsi. Selain itu, jika kemasannya sudah penyok atau melengkung ke dalam, maka sebaiknya tidak dikonsumsi.

Pada jus dalam kemasan, Don Schaffner, proffessor of food science dari Rutgers University, mengatakan bahwa untuk menguji kemasan masih layak minum atau tidak, harus dipindahkan ke wadah transparan. Jika warna berubah sebaiknya tidak diminum, misalnya dari kuning menjadi cokelat.

Namun, jika berubah agak sedikit gelap, sebenarnya masih dapat dikonsumsi. Selain itu, jika baunya normal dan coba sedikit, karena jika rasa sudah berubah maka tentu saja tidak layak dikonsumsi. Terlebih apabila kemasan sudah rusak.

Pada susu, jika susu tidak segar maka akan menimbulkan aroma yang tidak sedap, biasanya akan tercium bau basi. Baunya sangat menyengat, dan coba rasakan sedikit maka rasanya akan lebih asam.

Oleh karena itu, perhatikan cara dalam penyimpanan minuman kemasan. Baca petunjuk penyimpanan yang biasanya ada di kemasannya, sehingga kita bisa menyimpan minuman dalam kondisi baik hingga waktu konsumsi.
Awas! Jika Minuman Kemasan Tampak seperti ini, Artinya Sudah tak Layak Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top