Thursday, December 15, 2016

Bahaya! Sakit Jantung Bisa Dipicu oleh Sifat Pesimis

Pesimis adalah sifat tidak percaya diri, ketika seseorang sedang dihadapkan pada suatu masalah atau sedang berada dalam kondisi yang sangat buruk. Tentu saja pesimis ini membawa dampak buruk.

Selain dampak buruk bagi psikis yang membuat diri menjadi down, tapi juga dapat memicu salah satu penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung. Bagaimana bisa?
Pesimis / Gambar via the-open-mind.com

Sakit jantung bisa dipicu oleh sifat pesimis

Penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang yang meninggal akibat jantung koroner ternyata ia memiliki sifat yang pesimis semasa hidupnya.

Dr. Mikko Pankalainen, penulis utama penelitian dan seorang psikiater di Rumah Sakit Paijat-Hame Central di Lahti, Finlandia, menjelaskan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena orang yang pesimis biasanya mudah stres. Ketika orang tersebut stres, maka mereka akan mengalihkan perhatian dengan melakukan kebiasaan buruk.

Mereka akan merokok, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, dan tidak melakukan olahraga. Hal itu akan menjadikan tekanan darah naik, begitu juga dengan gula darah dan tingkat kolesterol. Dan hal tersebut akan menjadikan kesehatan menurun.

Pada penelitian lain juga menunjukkan bahwa wanita yang memiliki tingkat ketidakpercayaan diri yang tinggi juga berisiko tinggi terserang penyakit jantung daripada wanita yang optimis.

Pesimis, selain dampak buruk bagi psikis juga berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, pupuklah diri untuk bersifat optimis dan yakinlah pasti ada jalan keluar dalam setiap masalah.
Bahaya! Sakit Jantung Bisa Dipicu oleh Sifat Pesimis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top