Friday, December 16, 2016

Benarkah Makan Telur dalam Jumlah Banyak Sebabkan Bisulan?

Selama ini, muncul anggapan di masyarakat bahwa makan banyak telur dapat menyebabkan bisulan. Sebagian masyarakat mempercayai hal ini. Padahal, di dalam telur terdapat banyak sekali zat yang penting bagi tubuh, seperti protein, kalori, lemak, zat kapur, zat besi, dan vitamin.

Semua itu penting dikonsumsi oleh tubuh agar nutrisi di dalam tubuh terpenuhi. Namun sayangnya, orang-orang mengurangi bahkan sama sekali tidak mengkonsumsi telur karena takut akan bisulan. Benarkah telur dapat menyebabkan bisulan?
Telur / Gambar via eggaddiction.com

Inilah penjelasan apakah telur menyebabkan bisulan

Sebenarnya, bisulan terjadi karena adanya reaksi alergi oleh zat asing yang masuk ke tubuh (alergen). Selain susu sapi atau kambing, kacang-kacangan, ikan laut, kedelai, dan gandum, telur juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang paling sering menimbulkan alergi.

Pada anak, telur ayam adalah alergen yang penting, selain itu juga bagi mereka yang menderita dermatitis atopik (eksema), dan kuning telur dianggap kurang alergenik daripada putih telur.

Alergi makanan ditunjukkan dengan gejala berupa bengkak, gatal di bibir serta lidah, munta, dan diare. Alergen makanan dapat melewati saluran cerna kemudian masuk ke dalam sirkulasi, lalu muncul reaksi pada orang lain. Pada kulit terkadang juga akan timbul gejalan urtikaria akut (bisa dikenal dengan biduran).

Jadi, telur secara umum mengkonsumsi banyak telur tidak menyebabkan bisulan. Tapi jika anak memang alergi telur, jangankan diberi banyak, sedikit pun pasti akan muncul efeknya.

Sedangkan bagi anak yang tidak alergi pada telur juga jangan diberi telur dalam jumlah yang berlebihan. Cukup dua butir telur saja dalam sehari.

Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak akan mengganggu keseimbangan makanan sehari-harinya. Dan konsumsi lemak yang berlebihan akan memberikan dampak buruk jangka panjang.

Semoga bermanfaat!
Benarkah Makan Telur dalam Jumlah Banyak Sebabkan Bisulan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top