Wednesday, December 7, 2016

Bersyukurlah kalau Merasa Ujianmu Berat, karena saat itu Kamu sedang Diperkuat!

Setiap orang pernah mengalami rasa susah dan merasa tidak sebahagia orang lain. Kamu pun tentu pernah merasakah hal seperti itu. Hanya saja mungkin orang lain tidak mengeluh akan hal itu. Beberapa orang dapat sabar menghadapinya dan tetap bersyukur dengan segala yang diterimanya.

Terlalu berlarut dalam kesedihan itu tidak baik, selain kondisi fisik juga akan memperburuk kondisi psikis. Kesedihan akan membuatmu selalu berpikir negatif dan kamu akan merasa bahwa ujian hidup yang kamu terima sangat berat.
Ilustrasi / Gambar via saidaonline.com
Adanya ujian hidup sebenarnya merupakan peringatan bagi kita agar kita jangan melupakan keberadaan-Nya. Seberat apapun ujian yang kita terima merupakan bentuk Allah Ta'ala menyayangi kita. Ini merupakan cara Allah Ta'ala membuat kita lebih kuat dalam menjalani hidup. Jika kita dapat melewatinya, maka kita akan menemukan kebahagiaan yang tiada tara. Seperti halnya ketika kita lulus ujian sekolah.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 155, "Dan sesungguhnya Kami memberikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

Bersyukurlah kalau merasa ujianmu berat, karena saat itu kamu sedang diperkuat:
  1. Allah Ta'ala tidak akan Memberi Ujian Kepada Umat-Nya Melebihi Batas Kemampuan

    Tetaplah bersabar menghadapi ujian dari Allah Ta'ala, karena Allah Ta'ala tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuanmu. Allah Ta'ala telah mempercayakan padamu bahwa kamu bisa melewatinya. Ujian ini sebenarnya adalah ketetapan yang diambil oleh Allah Ta'ala agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat.

    Jika kita melihat ujian yang kita terima ini berat, lihat orang lain yang ujiannya lebih berat dari kita. Kita harus dapat bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang ini.
  2. Tak Perlu Larut dalam Kesedihan, karena Kesedihan adalah Awal dari Kebahagiaan

    Jangan terlalu berlarut dalam kesedihan ketika kamu sedang diuji. Semakin kamu larut dalam kesedihan, maka kamu akan semakin sedih dan stres. Bisa-bisa kondisi fisik dan psikismu yang terganggu.

    Jika kamu ingin menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya, pastikan kamu dapat melewati setiap ujian dengan sabar dan ikhlas. Percayakan pada Allah Ta'ala akan kebahagiaan yang akan Dia berikan padamu yang dapat melewati ujian. Semakin berat ujian yang kamu terima, itu artinya Allah Ta'ala ingin kita menjadi pribadi yang baik.
Jadi, tetap semangat dan jangan putus asa ya!
Bersyukurlah kalau Merasa Ujianmu Berat, karena saat itu Kamu sedang Diperkuat! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top