Sunday, December 11, 2016

Habis Makan Malam Langsung Tidur? Inilah yang Terjadi dalam Tubuh!

Tubuh kita memerlukan makan dan istirahat. Setelah makan biasanya kita akan merasa ngantuk dan paling enak kalau tidur.

Meski tidur setelah makan menyenangkan, tapi sebaiknya kamu tidak melakukannya karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Apa saja itu?
Tidur setelah makan  / Gambar via howitworksdaily.com

Inilah yang akan terjadi pada tubuh ketika tidur setelah makan malam

Tidur setelah makan menyebabkan sistem pencernaan harus bekerja lebih keras, karena tubuh dalam posisi istirahat (berbaring). Akibatnya bisa menimbulkan asam lambung naik sehingga muncul rasa panas yang naik dari perut ke dada, bahkan bisa sampai ke tenggorokan. Hal ini dapat memicu penyakit maag.

Penelitian yang dilakukan di University of Ionnina Medical School, Yunani, menunjukkan bahwa sistem pencernaan yang bekerja terlalu keras karena berbaring setelah makan dapat meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah, dan mempengaruhi kolesterol, dan semua itu meningkatkan risiko terkena stroke.

Selain itu, tidur dalam kondisi masih mencerna makanan juga bisa mengganggu fungsi detoksifikasi yang dilakukan oleh hati. Detoksifikasi yang tidak sempurna akan menyebabkan sel hati mengalami peradangan.

Meskipun kita mengantuk setelah makan malam, usahakan jangan tidur dan tubuh harus tetap tegak minimal posisi 30 derajat, serta jangan tidur berbaring dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Untuk mengurangi rasa ngantuk, kita bisa mengusir kantuk dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, mengobrol dengan teman, atau bermain game. Aktivitas santai yang tidak membuat kantuk.
Habis Makan Malam Langsung Tidur? Inilah yang Terjadi dalam Tubuh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top