Wednesday, December 14, 2016

Hati-hati! Dinilai Baik, Perbuatan Orang Tua ini Justru akan Hancurkan Masa Depan Anak

Setelah menjadi orang tua, biasanya pasangan suami istri menjadi lebih lembut dalam bersikap. Ini untuk memperlihatkan pada anak bahwa orang tuanya baik dan supaya sang anak dekat dengan anak. Anak memiliki kriteria sendiri dalam mengkategorikan orang tuanya baik atau tidak.

Naluri orang tua pada anak, biasanya mereka akan memperlakukan anak dengan baik. Orang tua melakukan hal tersebut agar sang anak dapat sukses di masa depan. Tapi ternyata, ada beberapa perbuatan yang dirasa orang tua baik justru mengancam masa depan anak.
Jangan berlebihan pada anak / Gambar via theendinmind.net
Inilah perbuatan orang tua yang justru akan menghancurkan masa depan anak:
  1. Terlalu Membela Anak

    Kebanyakan orang tua tidak tega jika sang anak dimarahi atau dihukum orang lain meskipun anak telah melakukan kesalahan. Hal ini justru akan membuat anak semakin berani, karena ia berpikir akan dibela oleh orang tua meskipun salah. Dan di kemudian hari, ia bisa saja melakukan kejahatan.
  2. Selalu Menuruti Kemauan Anak

    Orang tua akan senang jika dapat menuruti keinginan anaknya. Apalagi ketika sang anak sudah mulai menangis, daripada mendengar tangisannya lebih baik diturui.

    Namun, sebaiknya jangan semua keinginan diberikan. Hal ini akan membuat anak anak tumbuh dengan karakter yang keras kepala dan tidak sabar, yang akhirnya membuat anak mudah marah dan akan menimbulkan masalah jika keinginannya tidak terpenuhi.
  3. Membelikan Mainan Terlalu Banyak

    Membelikan mainan pada anak memang tak masalah, tapi yang menjadi masalah yaitu apabila dibelikan terlalu banyak. Dengan begitu, secara otomatis orang tua telah mengajarkan pada anak untuk hidup boros, dan sang anak dapat mengalami kekurangan di saat mereka dewasa nanti.
Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, termasuk juga dalam hal mendidik anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang bijak harus dapat membatasi keinginan anak, memberitahu mana yang benar atau salah, serta mengajari anak arti kehidupan yang sesungguhnya.
Hati-hati! Dinilai Baik, Perbuatan Orang Tua ini Justru akan Hancurkan Masa Depan Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top