Thursday, December 8, 2016

Hati-hati! Inilah Ciri Email Palsu Berisi Virus

Kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam mengirim pesan, salah satunya pesan elektronik atau email. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan email, bahkan mungkin setiap orang memiliki lebih dari satu alamat email.

Sayangnya, ada orang-orang yang menggunakan kemajuan teknologi ini untuk berbuat jahat. Mereka mengirimkan virus ke komputer orang lain melalui email. Orang yang tidak tahu akan mengira itu email biasa, tapi sebenarnya itu adalah virus.
Email / gambar via danacommunications.com
Oleh karena itu, kamu harus ketahui ciri-ciri email yang mengandung virus atau tidak. Penasaran bagaimana ciri-cirinya?

Inilah ciri email palsu yang berisi virus:
  1. Email Berisi Tautan Aneh

    Jika ada tautan aneh menyertai email tersebut, jangan langsung di klik. Arahkan saja kursormu pada link tersebut, lalu lihat di pojok kiri bawah layar terdapat alamat aslinya. Biasanya tautan palsu tidak memiliki alamat yang berhubungan dengan perusahaan pengirim email.

    Contohnya idmsa.apple.com-idmswebauth-classiclogin.htm.artDDia.es/abcds. Orang mungkin mengira bahwa itu email dari Apple, karena alamat Apple tertulis lebih dulu. Padahal yang sebenarnya adalah artDDia.es. itu dan mereka sengaja menyimpannya di bagian belakang.
  2. Muncul Pemberitahuan dari Microsoft Outlook

    Jika kamu menggunakan layanan email dari Microsoft Outlook, kamu bisa merasa tenang karena melalui Microsoft Outlook dapat memberi peringatan ketika kamu dikirimi email yang berisi virus.

    Namun, banyak sekali orang yang mengabaikannya. Selain memberitahu jika ada virus, Microsoft Outlook juga akan langsung memblokir email tersebut dan menjadikannya spam.
  3. Penggunaan Kata Sapaan Umum

    Jika itu merupakan virus, biasanya mereka menggunakan kata sapaan umum, misalnya "Dear Customer". Tapi, jika itu berasal dari instansi yang kamu ikuti, misalnya bank, maka akan menggunakan kata sapaan yang tidak umum, misalnya "Dear Mr. Kazayaki".
  4. Berisi Lampiran yang Mencurigakan

    Biasanya, para pengirim email palsu ini akan menyertakan lampiran dimana lampiran itu berisi virus. Jika tidak mengetahui siapa pengirimnya, lebih baik tidak usah membuka lampiran tersebut.
Jadi, lebih berhati-hati ya agar tidak menerima virus melalui email!
Hati-hati! Inilah Ciri Email Palsu Berisi Virus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top