Sunday, December 4, 2016

Hati-hati! Inilah Kekeliruan yang sering Terjadi dalam Pengucapan InsyaAllah

Sebagai manusia biasa, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang. Beberapa menit kemudian saja kita tidak bisa tahu apa yang akan terjadi. Untuk itu, seringkali kita mendengar seseorang mengucapkan insyaAllah ketika hendak melakukan sesuatu, terutama yang berhubungan dengan janji.

Kalimat "insyaAllah" berkenaan dengan kesanggupannya. Bisa saja ia memang berniat melakukan hal tersebut, tapi jika Allah Ta'ala tidak berkenan dan memberikan suatu halangan, maka apa boleh buat. InsyaAllah yang paling tepat diucapkan.
Katakan Insya Allah ketika berjanji / gambar via universitycommunications.com

Kekeliruan dalam pengucapan insyaAllah

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Kahfi ayat 23-24, "Dan janganlah engkau mengatakan tentang sesuatu, 'Aku akan melakukannya besok.' Kecuali jika Allah menghendaki atau mengucapkan insyaAllah."

Tapi, seringkali orang-orang menggunakan kata insyaAllah untuk dapat menghindari janji tersebut. Jadi, orang yang diucapi insyaAllah seringkali masih tidak percaya dengan janji yang dibuat.

Padahal sebenarnya, insyaAllah adalah kalimat yang memiliki makna penguat bahwa ketika seseorang berjanji akan menepati janjinya. Tapi, jika kita sudah berusaha untuk menepati janji namun Allah Ta'ala berkehendak lain, maka apa boleh buat tak mengapa kita tidak menepati janji tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.
Hati-hati! Inilah Kekeliruan yang sering Terjadi dalam Pengucapan InsyaAllah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top