Thursday, December 1, 2016

Hati-hati! 5 Pekerjaan ini Rawan Terkena Kanker!

Pernah mendengar beberapa pekerjaan yang menyebabkan penyakit atau berbahaya? Mungkin pekerjaan seperti pengawal dan atlet akan masuk ke dalam daftar. Tapi ternyata, bisa saja anggapan itu salah besar dan bukan pekerjaan itu saja yang menyebabkan penyakit berbahaya.

Beberapa pekerjaan yang kita anggap biasa saja dan aman juga dapat menyebabkan penyakit. Penyakit yang perlu diwaspadai adalah kanker. Dan pekerjaan berikut ini ternyata membuat pekerjanya berisiko terkena kanker. Apa saja itu?

Inilah pekerjaan yang membuat pekerjanya rawan terkena kanker:
  1. Penambang

    Bagi kamu yang bekerja di pertambangan atau tinggal di daerah pertambangan harap berhati-hati terkena kanker perut dan tiroid, serta kanker otak dan mesotelioma.
    Penambang / Gambar via lerablog.org
    Hal ini dikarenakan paparan asbes dan kamu akan cenderung berinteraksi dengan uranium dan radon. Tak hanya itu, kanker paru-paru juga mengancam karena paparan dari asap diesel knalpot.
  2. Pilot dan Awak Pesawat

    Jangan kira pilot dan awak pesawat yang identik dengan kemewahan tak memiliki risiko kanker. Pilot dan awak pesawat berpotensi terkena kanker melanoma ganas yang akan menjadi kanker kulit mematikan.
    Pilot / Gambar via explosion.com
    Hal ini dikarenakan terpapar sinar UV dan radiasi kosmik di tempat tinggi dalam waktu yang lama.
  3. Pekerja Shift

    Pekerja dengan jam kerja yang berubah-ubah atau pekerja shift memiliki risiko terkena kanker paru-paru pada laki-laki. Selain kanker risiko kematian karena penyakit jantung dan pembuluh darah juga tinggi.
    Pekerja shift / Gambar via blogs.einstein.yu.edu
    Hal ini dikarenakan rusaknya ritme circandian yang mengatur jam aktivitas dan istirahat pada tubuh.
  4. Petani

    Petani juga berisiko terkena kanker karena pestisida kimia, pupuk, asap rokok, serta radon.
    Petani / Gambar via njspotlight.com
    Bahkan, kemungkinan petani wanita terkena kanker 35% lebih tinggi. Selain itu, kanker lain seperti kanker limfoma dan leukemia juga perlu diperhatikan.
  5. Pekerja Duduk (yang tidak pernah berpindah kursi)

    Pekerja yang duduk tidak berpindah tempat / Gambar via blog.9rules.com
    Pekerja yang bekerja dengan banyak duduk dan tidak berpindah-pindah tempat berisiko terkena kanker usus besar, endometrium, kanker paru-paru yang tinggi. Hal ini dikarenakan minimalnya aktifitas fisik yang dilakukan.
Untuk kamu yang bekerja di bidang tersebut, harus ekstra berhati-hati. Jaga kesehatan serta keselamatan ekstra dalam bekerja. Dan jangan lupa untuk selalu berdo'a pada Allah Ta'ala.
Hati-hati! 5 Pekerjaan ini Rawan Terkena Kanker! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top