Monday, December 5, 2016

Hati-hati! Wortel itu Berbahaya loh!

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan wortel. Sayuran ini selain rasanya enak, juga dapat digunakan untuk berbagai makanan. Dapat dibuat sayur, dicampur dalam adonan kue, serta dapat dibuat jus. Selain enak, wortel juga menyehatkan karena banyaknya kandungan vitamin dan zat penting bagi tubuh di dalam wortel.

Namun, ada seorang warga Amerika yang meninggal di tahun 1974 karena wortel. Ia adalah Basil Brown, yang merupakan orang fanatik terhadap makanan sehat. Brown memiliki kebiasaan minum jus wortel sekitar 3,79 liter just wortel setiap hari. Ia percaya bahwa wortel yang banyak mengandung vitamin A itu dapat membuat tubuhnya tetap sehat, tapi ia malah meninggal karena kebiasaannya tersebut.
Wortel / Gambar via zeppfeed.com

Mengapa hal itu dapat terjadi?

Wortel adalah penghasil betakaroten yang tinggi. Betakaroten baik bagi tubuh, bahkan direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Tapi, jika terlalu banyak mengkonsumsi wortel justru akan menyebabkan tubuh mengalami kondisi medis yang biasa disebut dengan karotenemia atau perubahan warna kekuningna pada kulit.

Kondisi akan semakin terlihat jelas di telapak tangan, telapak kaki, dan telinga. Karotenemia akan menghilang dengan sendirinya ketika asupan wortel dikurangi.

Selain karotenemia, wortel juga dapat menyebabkan gangguan pada usus. Meskipun wortel mengandung serat makanan yang baik dan tubuh mendapatkan sekitar 4-5 gram serat ketika mengkonsumsi wortel.

Tapi, terlalu banyak mengkonsumsi wortel justru akan mengganggu kesehatan. Menurut departemen pertanian Amerika Serikat, mengkonsumsi serat berlebih dapat mengganggu usus. Menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Selain itu, wortel juga mengandung sedikit lemak, sedangkan tubuh kita juga membutuhkan lemak. Wortel bukanlah satu-satunya sumber terbaik dalam pemenuhan vitamin A, serta, kalium, magnesium, serta vitamin C, B6, dan K.

Cara terbaik adalah variasikan jenis-jenis makanan yang akan kamu konsumsi. Dengan variasi ini, tubuh dapat memperoleh berbagai vitamin dari berbagai jenis makanan.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Oleh karena itu, ktia harus tetap menjaga konsumsi sebatas wajar saja. Karena meski hal itu baik bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik.
Hati-hati! Wortel itu Berbahaya loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top