Saturday, December 10, 2016

Hebat! Baterai Ciptaan Ilmuwan Ini Bisa Tahan Sampai 12 Tahun!

Berapa lama kamu mengisi ulang baterai handphone mu? Kebanyakan baterai handphone dapat terisi penuh setelah 2 jam pengisian. Dengan lamanya pengisian tersebut, terkadang hanya tahan satu hari, bahkan bisa saja kurang dari satu hari jika kita menggunakannya terus.

Inilah mengapa para pengguna smartphone sangat terbantu dengan keberadaan power bank, karena dapat membantu mereka mengisi daya baterai di perjalanan. Namun, baru-baru ini seorang ilmuwan asal Ukraina berhasil menciptakan baterai yang tahan selama 12 tahun!
Vladislav Kiselev / Gambar via stellanaija.ng

Baterai temuan ilmuwan Ukraina ini tahan 12 tahun!

Dialah Vladislav Kiselev, yang mengklaim bahwa dia mengembangkan jenis baterai yang dapat tahan hingga 12 tahun tanpa isi ulang. Tentu saja penemuan ini mengejutkan, karena para produsen baterai tengah berjuang menemukan terobosan baterai yang aman dan tahan lama.

12 tahun bukan waktu yang singkat, terlebih mengingat baterai ini tak perlu di isi ulang dan akan tetap ada dayanya. Selain itu, baterai ini diklaim tak hanya dapat digunakan untuk handphone, tapi juga untuk mobil.

Vladislav Kiselev ini adalah peneliti senior di Institut of Bioorganic Chemistry dan Petrokimia di Kiev, yang mana ia juga seorang prosefor di Academy Ukraina of Sciences. Ia pernah mengikuti kompetisi internasional untuk proyek penelitian, yaitu Sikorsky Challenge 2016 dan tentu saja prototipenya sangat menarik perhatian.

Menurut Vladislav, kekuatan daya baterainya ini terletak pada sel surya tritium yang tertutup. Sebenarnya, sel elektrokimia yang mirip seperti yang ia gunakan saat ini sudah digunakan di Ukraina sejak tahun 1930-an.

Mengenai bahaya radioaktif, Vladislav menegaskan bahwa tidak semua radioaktif itu berbahaya. Ada zat radioaktif yang tidak berbahaya dan salah satunya adalah tritium. Dan menurutnya tritium juga digunakan sebagai sumber cahaya radioluminescent di jam tangan.

Kini, Vladislav sedang membicarakan penemuannya dengan pengusaha Tiongkok dan Turki untuk memproduksi baterai tritium yang dapat digunakan pada handphone. Dan ia percaya bahwa tritium adalah masa depan energi.

Menarik sekali ya readers? Pasti kita tidak akan kesusahan lagi mencari charger untuk mengisi ulang baterai handphone kita ketika sedang diluar rumah.
Hebat! Baterai Ciptaan Ilmuwan Ini Bisa Tahan Sampai 12 Tahun! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top