Wednesday, December 21, 2016

Ingin Berfoto dengan Turis Asing? Perhatikan Hal ini sebelum Melakukannya!

Meskipun Indonesia perah memiliki masa lalu yang kelam dengan warga negara asing atau biasa disebut bule, tapi kini entah mengapa masyarakat Indonesia jadi senang dengan para bule. Masyarakat Indonesia ketika melihat bule tak bisa menahan rasa untuk berfoto dengan bule tersebut.

Oleh karena itu, para turis asing di Indonesia sering merasa seperti artis karena dimintai foto dimana-mana. Memang tak masalah mengajak bule-bule itu berfoto, asalkan kamu memperhatikan beberapa hal ini sebelum berfoto dengan bule!
Foto dengan bule / Gambar via yangon.coconuts.co

Inilah hal yang perlu kamu lakukan sebelum berfoto dengan bule:

  1. Ketahui Bule Mana yang Kamu Incar

    Carilah bule yang sedang jalan sendirian atau yang sering tersenyum ke orang lain, mereka lebih mudah untuk diajak berfoto. Kalau kamu mencari bule yang berkelompok atau yang bersama keluarganya, mungkin kamu tidak akan mendapatkan foto tapi malah bentakan dari mereka.

  2. Meminta Izin dengan Sopan

    Meskipun tidak formal, kita juga harus bersikap sopan dengan bule tersebut. Katakan "excuse me" sebelum berfoto, minta izin yang baik. Jika telah selesai, jangan lupa ucapkan "thank you".

  3. Ngobrol Basa-Basi

    Kalau kamu berani, kamu bisa berbasa-basi dulu dengan si bule. Mengobrollah dengan topik yang ringan, misalnya tentang cuaca yang cerah, pemandangan yang indah, atau ramainya pengunjung. Jika si bule merespon, itu tandanya ia tak keberatan diganggu dan mudah untuk kamu meminta foto.

  4. Pastikan Kamera sudah Siap

    Mau atau tidaknya si bule berfoto denganmu, kamu harus selalu pastikan kameramu sudah siap tinggal jepret. Jangan membuat si bule menunggu lama, apalagi kalau kameramu habis baterai atau terlalu lama timer-nya.

  5. Siapkan Gaya Andalan

    Jangan sampai kikuk berfoto dengan bule. Siapkan gaya andalanmu!

Inilah yang jangan kamu lakukan ketika berfoto dengan bule:

  1. Mengajak Foto Bule yang Terlihat Sibuk

    Kalau tidak mau dibentak bule, ya sebaiknya tidak usah mengajak bule yang terlihat sibuk. Misalnya bule yang sedang makan atau bertelepon, biarkan mereka menyelesaikan urusannya dulu baru diajak foto, atau carilah bule lainnya yang tidak sibuk.

  2. Minta Foto Berkali-kali

    Kebiasaan orang Indonesia adalah meminta foto berkali-kali, tapi ketika kamu berfot dengan turis asing jangan lakukan hal itu. Cukup satu atau dua kali jepretan saja, jangan terlalu banyak.

  3. Mengerumuni Bule

    Sama seperti kita, tentu bule juga tidak nyaman ketika dikerubungi oleh orang asing. Jadi, jika ingin berfoto dengan turis asing usahakan jangan bergerombol, cukup dua atau tiga orang saja bersamamu atau sendirian juga boleh.

  4. Sok Akrab

    Terkadang ada bule yang merasa aneh jika diajak ngobrol dengan topik kemana-mana oleh orang asing. Kamu juga jangan sok asyik dan sok akrab dengan si bule, bukannya mendapat foto malah mendapat pandangan aneh nantinya.

  5. Meminta Bule Menunggu

    Jangan biarkan si bule menunggu atau dia tidak mau lagi berfoto denganmu.
Itulah hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika berfoto dengan bule.
Ingin Berfoto dengan Turis Asing? Perhatikan Hal ini sebelum Melakukannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top