Thursday, December 29, 2016

Ingin Berikan Gadget pada Anak? Pertimbangkan Hal ini Matang-matang!

Sudah bukan hal yang langka lagi ketika seorang anak kecil memegang gadget. Hal ini kebanyakan karena mereka melihat orang tua menggunakan gadget, lalu mereka menginginkannya. Ada juga orang tua yang malah sengaja memberikan gadget pada anak.

Sebenarnya, gadget baik juga jika digunakan secara bijak. Tapi, terlalu banyak bermain gadget akan mempengaruhi kesehatan mental dan psikologis anak. Dan biasanya, anak yang sudah mengenal gadget sejak kecil akan susah bersosialisasi. Lalu, apa yang harus dipertimbangkan ketika akan memberikan gadget pada anak?
Pertimbangkan sebelum memberikan gadget pada anak / Gambar via freemake.com
Ingin berikan gadget pada anak? Pertimbangkan hal ini matang-matang:
  1. Pertimbangkan Dampaknya bagi Perkembangan Anak

    Yang utama adalah mempertimbangkan dampak gadget bagi anak. Biasanya, anak yang sudah sering bermain gadget akan sulit bersosialisasi, suka menyendiri, kesehatan menurun, mata minus, malas belajar, menurunkan prestasi di sekolah, dan kebanyakan anak akan menangis bila ia tidak diberi gadget.
  2. Pertimbangkan Situasi dan Kondisi

    Tidak semua keluarga memiliki kondisi ekonomi yang stabil. Pertimbangkan kondisi keuangan sebelum membeli gadget, jangan sampai memaksakan diri apalagi sampai berhutang hanya untuk membelikan gadget anak.
  3. Pertimbangkan Usia yang Ideal bagi Anak untuk Memiliki Gadget

    Anak baru pantas memiliki gadget pertamanya pada rentang usia 10 sampai 13 tahun. Karena pada usia ini, anak sudah mengerti cara mengoperasikan, fungsi-fungsinya, serta sudah paham cara merawatnya. Jangan balita diberi gadget.
  4. Pilih Gadget Sesuai Usia Anak

    Tak semua gadget pantas dimiliki anak, misalnya jika anda ingin memberikan gadget bagi anak anda yang berusia di bawah 5 tahun, berikan gadget yang fungsinya untuk belajar, seperti belajar membaca, berhitung, belajar membaca Al Qur'an, atau yang lainnya.
  5. Pertimbangkan Apakah Anak Benar-benar Membutuhkannya atau tidak

    Jika tujuan utama memberikan gadget ke anak untuk berkomunikasi dengan orang tua, berikan gadget yang biasa saja, tak perlu yang terlalu canggih. Hal ini untuk membatasi anak mengerti konten-konten yang kurang baik yang biasa ada di internet.
Jangan sampai merenggut masa kecil anak dengan gadget. Gadget dapat mengubah cara pandang anak sejak kecil, jadi jangan dibiasakan.
Ingin Berikan Gadget pada Anak? Pertimbangkan Hal ini Matang-matang! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top