Monday, December 5, 2016

Ingin Cepat dapat Panggilan Wawancara Kerja kurang dari 30 Hari? Ini Tipsnya!

Mencari pekerjaan saat ini susah, orang berbondong-bondong mencoba berbagai lowongan kerja tapi hanya beberapa orang saja yang diterima kerja. Ada berbagai faktor yang dapat mendasari diterima atau tidaknya seseorang.

Mungkin sekarang kamu tengah kebingungan karena belum mendapatkan pekerjaan, padahal sudah melamar di banyak tempat. Di sini kamu juga harus koreksi diri kamu, kira-kira apa yang salah sehingga lamaranmu belum diterima.
Lamaran pekerjaan / Gambar via ascseniorcare.com
Inilah tips agar dapat panggilan wawancara kerja kurang dari 30 hari:
  1. Perbarui CV

    Buatlah CV sebaik mungkin, karena dari CV kamu bisa menunjukkan keahlian dan kemampuanmu. CV harus dibuat dengan jelas, supaya HRD dapat memahaminya dan tidak salah menerima informasi.

    Jika perusahaan itu menginginkan CV formal, buatlah dengan baik, perhatikan susunan kalimat dan tata cara penulisannya. Sedangkan bila perusahaan menghendaki CV kreatif, buatlah se-kreatif mungkin.
  2. Perbarui Surat Lamaran Kerja

    Kenali ruang lingkup pekerjaan yang akan kamu lamar. Perhatikan karakteristik yang diinginkan oleh perusahaan. Jika perusahaan menuntut bekerja secara tim, kamu dapat menuliskan 'team oriented problem solver' dalam surat lamaranmu.

    Jangan membuat kalimat yang melemahkan diri. Misalnya kalimat, "Tolong pertimbangkan saya untuk posisi sales representatif yang sedang anda butuhkan." Tapi sebaiknya buat seperti ini: "Kebutuhan anda akan seorang sales representatif yang handal saya rasa tepat dengan riwayat bekerja saya selama 2 tahun terakhir yang mencapai target dengan baik."

    Inti dari surat lamaran pekerjaan adalah menjual kompetensi diri kamu pada perusahaan. Jadi, untuk dapat dipanggil wawancara kamu harus dapat menonjolkan kemampuan diri kamu sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.
  3. Bangun Pertemanan dan Relasi

    Membangun pertemanan dan relasi bisa juga melalui media sosial. Jadi, media sosial yang kamu miliki jangan hanya untuk menyalurkan hobi saja, tapi kamu juga bisa mengamati media sosial perusahaan yang kamu minati. Dari sini kamu bisa tahu bagaimana budaya perusahaan tersebut.

    Selain itu, jika kamu memiliki teman yang bekerja di perusahaan yang kamu inginkan, jangan ragu untuk menanyakan lowongan dan meminta rekomendasi perusahaan untuk menerima lamaranmu. Karena perusahaan juga lebih senang pada karyawan yang sudah kenal sebelumnya.
  4. Mengirim Aplikasi Lamaran Sebanyak Mungkin

    Jangan terlalu idealis mengincar hanya satu pekerjaan, tapi kamu juga perlu mengirim berbagai lamaran pekerjaan di banyak perusahaan. Dengan begitu, kesempatanmu untuk diterima lebih banyak.

    Jika kamu belum mendapatkan kabar selama 2 minggu, jangan ragu untuk menghubungi perusahaan yang kamu lamar. Pastikan suratmu sudah diterima dan dibaca oleh HRD.
  5. Manfaatkan Info Penyedia Lowongan dengan Teliti

    Manfaatkan sosial media penyedia info lowongan pekerjaan, serta jangan lupa cek di website perusahaan yang akan kamu lamar. Selain itu, rajin-rajinlah datang ke bursa kerja (job fair).
Coba telitilah lagi dirimu, apakah hal tersebut sudah kamu lakukan? Dan jangan lupa, imbangi usahamu dengan berdo'a agar segalanya lebih mudah.
Ingin Cepat dapat Panggilan Wawancara Kerja kurang dari 30 Hari? Ini Tipsnya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top