Friday, December 2, 2016

Ingin Sukses dan Diakui di Bidang IT? Kamu Harus Miliki Sertifikat Penting ini!

Untuk melamar pekerjaan, biasanya dibutuhkan standar agar dapat diterima oleh perusahaan tersebut. Bahkan beberapa bidang pekerjaan mengharuskan pelamar memiliki sertifikat khusus. Ijazah memang termasuk sertifikat, tapi masih dalam kualifikasi umum. Karena sudah pasti setiap pelamar yang lulus memiliki ijazah, namun kurang ada spesialisasinya.

Oleh karena itu, dibutuhkan sertifikat yang mengakui kualifikasi seseorang. Salah satu pekerjaan yang mengharuskan pelamar memiliki sertifikat khusus adalah pekerjaan di bidang Information Technology (IT).

Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Cisco. Dan dari sertifikat ini dapat menunjukkan seberapa besar kemampuanmu. Ingin tahu apa saja sertifikat tersebut?

Inilah sertifikat yang harus kamu miliki jika ingin sukses dan diakui di bidang IT:
  1. Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE)

    Sertifikat MCSE dikeluarkan oleh Microsoft Corporation, yang merupakan sertifikat profesi di bidang IT. Sertifikat ini digunakan untuk mengukur kemampuan orang-orang yang menguasai berbagai sistem instalasi khususnya sistem operasi buatan Microsoft, termasuk melakukan troubleshooting.
    MCSE / Gambar via ngcci.com
    Pemegang sertifikat MCSE biasanya berkarir sebagai konsultan di bidang IT atau staf ahli di bidang IT. Pemegang sertifikat MCSE harus dapat melakukan dukungan teknis, system analyst, network analyst, dan konsultan. Biaya untuk test sertifikat ini adalah USD 150 atau sekitar Rp 2,1 juta dengan masa berlaku lima tahun.
  2. CompTIA A+ Certified

    CompTIA A+ adalah sertifikasi paling dasar dari CompTIA untuk mereka yang meniti karir menjadi teknisi komputer. Sertifikat ini biasanya dijadikan dasar seseorang memiliki kemampuan hardware dan software. Pemegang sertifikat CompTIA A+ ini biasanya sudah bisa melakukan proses instalasi, konfigurasi, diagnosa, dan mengelola jaringan pada skala kecil.
    CompTIA A+ Certified / Gambar via 3g-infocom.com
    Untuk mendapatkan sertifikat CompTIA A+ ini harus melalui dua kali ujian, yaitu ujian tertulis dan praktek dengan biaya ujian USD 188 atau sekitar Rp 2,6 juta. Masa berlaku sertifikat CompTIA A+ adalah tiga tahun.
  3. Cisco Certified Network Professional (CCNP)

    Pemegang CCNP ini biasanya diakui mampu melakukan proses routing dan scalable jaringan seperti intranet di perusahaan atau kampus. Sertifikat ini adalah sertifikat menengah yang fokus khususnya pada jaringan LAN/WAN.
    CCNP / Gambar via iiht-ultadanga.in
    Untuk dapat memiliki CCNP harus melewati tiga tahapan ujian mengenai routing, switching, dan troubleshooting jaringan IP. Biaya ujiannya adalah USD 500 atau sekitar Rp 7 juta dan berlaku selama tiga tahun.
  4. Project Management Professional (PMP)

    Sertifikasi PMP dikeluarkan oleh Project Management Institute, yang merupakan lembaga independen di Pennsylvania, Amerika Serikat. Sertifikat ini tak hanya diakui dalam dunia IT, tapi juga di dunia industri. Pemilik sertifikat PMP dianggap telah berhasil membuktikan bahwa dirinya layak memimpin dan mengatur satu tim dalam sebuah proyek.
    PMP / Gambar via mmt-institute.com
    Untuk mendapatkan sertifikat ini, harus melewati satu tahap ujian dan menjawab kurang lebih 200 pertanyaan. Biaya yang harus dikeluarkan dalam sekali test adalah USD 250 - USD 600 atau sekitar Rp 3,5 juta - Rp 8,3 juta. Masa berlaku sertifikat ini juga hanya tiga tahun.
  5. Cisco Certified Network Associate (CCNA)

    CCNA adalah sertifikat dari Cisco untuk level rendah. Biasanya sertifikat ini untuk mahasiswa, engineer, dan kyalayak umum. Pemiliki sertifikat CCNA biasanya dapat melakukan instalasi dan mengoperasikan switches serta router skala kecil.
    CCNA / Gambar via nasscomm.com
    Dan kini, CCNA menjadi syarat khusus engineer yang terjun ke dunia teknologi dan informasi khususnya di bidang networking dengan spesialisasi di bidang keamanan, suara, dan wireless networking.

    Biaya yang dikeluarkan untuk sekali ujian tertulis selama 90 menit adalah USD 295 atau sekitar Rp 4 juta. Masa berlakunya selama tiga tahun.
Mungkin jika di Indonesia belum terlalu diperlukan, tapi jika kamu ingin bekerja di luar negeri terutama di Amerika, kamu perlu mencoba test sertifikasi di atas.
Ingin Sukses dan Diakui di Bidang IT? Kamu Harus Miliki Sertifikat Penting ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top