Saturday, December 31, 2016

Ingin Tahu Apa yang akan Terjadi jika Kamu hanya Makan Kentang Selama Setahun? Ini Hasilnya!

Apakah kamu orang yang kelebihan berat badan dan mencoba berbagai cara untuk menurunkannya? Masalah berat badan memang hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Menaikkan atau menurunkan berat badan juga tak mudah bagi kebanyakan orang.

Tak semua orang juga berhasil ketika menjalani diet. Ada yang melakukan diet A dan berhasil, ada juga yang tidak berhasil, tapi justru berhasil ketika menjalani diet B. Tapi, ada satu diet yang dilakukan oleh pria ini dan ia berhasil melakukannya dalam satu tahun, yaitu makan kentang! Bagaimana hasilnya?
Andrew Taylor / Gambar via stack.com

Inilah yang terjadi ketika kamu hanya makan kentang selama satu tahun

Dialah Andrew Taylor, yang memiliki resolusi untuk menjauhi berbagai makanan dan hanya memakan kentang ketika masuk tahun 2016 lalu. Dulu, ia termasuk pria yang gemuk, namun sekarang tak lagi setelah ia melakukan diet mono. Hasilnya, berat badannya turun sebesar 50 kg!

Tak hanya turun berat badan, Taylor juga mendapatkan manfaat lain dari diet tersebut. Ia mengaku, selama menjalani diet ini ia sembuh dari insomnia dan depresi yang ia derita sebelumnya. Ia pun kini tak lagi bergantung pada obat antidepresan.

Mengenai hal ini, Kathleen Desmaison, Ph.D, spesialis nutrisi adiktif dan penulis buku, berpendapat bahwa kentang mempengaruhi neurotransmitter di otak yang bertanggungjawab mengelola suasana hati. Bagian dari otak ini merupakan bagian yang disasar oleh obat penenang. Tak heran Taylor pun sembuh dari depresi.

Tapi, Desmaison tidak merekomendasikan untuk makan kentang setiap hari. Ia tetap menyarankan makan tiga kali sehari disamping makan kentang tersebut. Kentang juga membantu memutus siklus kecanduan gula dengan cara meningkatkan produksi serotonin dan dopamine.

Jika ingin menurunkan berat badan, kentang bukanlah makanan favorit karena kentang tinggi akan karbohidrat. Tapi jika ingin mengkonsumsinya, harus tetap sesuai ukuran dan jangan berlebihan.

Meskipun kentang kaya akan serat, kalium, dan nutrisi penting, tapi hanya makan kentang saja tidak berarti dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Kita tetap memerlukan makanan lain untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Dan kebanyakan ahli gizi tidak menyetujui diet mono yang dilakukan Taylor ini.

Bahkan, Manuel Villacorta RD, penulis buku Whole Body Reboot: The Peruvian Superfoods diet to Detoxify, Energize, and Supercharge Fat Loss, mengatakan bahwa diet mono dapat menyebabkan kekurangan gizi.

Memang kentang dapat membantu meningkatkan suasana hati, tapi kita tidak dapat hanya makan kentang seterusnya dan berharap menjadi sehat. Jika ingin melakukan diet, tentu saja harus konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat!
Ingin Tahu Apa yang akan Terjadi jika Kamu hanya Makan Kentang Selama Setahun? Ini Hasilnya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top