Friday, December 2, 2016

Inilah Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Kreatif dan Unik agar Kamu Diincar Perusahaan

Setelah lulus kuliah, pasti kamu akan merasakan pengalaman melamar pekerjaan. Mencari-cari lowongan pekerjaan, menemukan lowongan yang sesuai dengan kualifikasimu, dan kemudian melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Kebanyakan membuat lamaran pekerjaan dengan kesungguhan hati dengan harapan lamarannya diterima. Tapi, lamaran pekerjaan yang dimasukkan ke dalam amplop cokelat itu kebanyakan hanya berakhir menjadi tumpukan-tumpukan tak berarti di meja HRD.
Wawancara kerja / Gambar via londoncityjob.net
Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pelamar yang masuk dan HRD tak bisa membaca semuanya. Jadi jika sudah menemukan orang yang cocok, langsung saja meng-interview mereka dan lamaranmu bukanlah salah satunya yang dibaca.

Agar lamaran pekerjaanmu dibaca, kamu harus membuatnya sekreatif mungkin. Bukan hanya kreatif isinya, tapi juga kreatif dalam pengemasannya yang tidak melulu di amplop cokelat. Penasaran bagaimana cara kreatif dan unik membuat lamaran pekerjaan?

Inilah cara membuat lamaran pekerjaan unik dan kreatif dan unik agar kamu diincar perusahaan:
  1. Melamar dengan Kue

    Kristal Nunn melamar dengan kue / Gambar via adweek.com
    Kristal Nunn di tahun 2014 berencana melamar pekerjaan di We Are Social in London pada posisi desainer junior. Agar lamarannya menarik, ia menyertakan kue di surat lamarannya. Bukannya menyuap, tapi ide kreatif ini justru menarik hati HRD dan lamarannya tidak terbuang sia-sia.
  2. Melamar dengan Kue Jahe

    Cara unik menggunakan makanan kembali dilakukan oleh Oliver Bernardino. Ia adalah jurus masak di Vancouver yang sangat mengidolakan Chef Thomas Keller, pemilik Bouchon Bakery terkenal di California.
    Oliver Bernardino membuat kue jahe untuk melamar pekerjaan / Gambar via finedininglovers.com
    Bernardino ingin sekali bekerja untuk Keller, tapi bukannya menulis lamaran pekerjaan ia malah membuah replika Bouchon Bakery dari kue jahe. Halaman selanjutnya
  3. Melamar dengan Action Figure

    Kali ini action figure bukan hanya untuk koleksi, tapi bisa juga digunakan untuk melamar pekerjaan, seperti yang dilakukan oleh fotografer asal Swedia ini. Jens Lennartsson mengirim 400 action figure dirinya untuk surat melamar pekerjaan.
    Action figure milik Jens untuk melamar pekerjaan / Gambar via blog.gessato.com
    Setiap miniatur dirinya datang dengan petunjuk dalam kardus kotak yang mencerminkan kekreatifan Jens. Wah, kalau ini bukan hanya kreatif dan unik, tapi juga mahal ya, hehehe.
  4. Lewat SnapChat

    Pernah menyangka melamar pekerjaan dapat dilakukan dengan SnapChat? Kamu harus percaya karena seorang pria bernama Elski Felson yang sangat ingin bekerja di perusahaan SnapChat membuat lamaran pekerjaan dengan SnapChat.
    Elski Felson melamar dengan SnapChat / Gambar via elitereaders.com
    Ia membuat resume video dengan aplikasi tersebut. Setiap baru demi baris deskripsi pekerjaan menggambarkan kemampuannya untuk memenuhi syarat kerja.
  5. Melamar dengan Kain Hasil Jahitan Sendiri

    Lamaran yang ditulis di kain oleh Melissa Washin / Gambar via Pinterest melissamakesthings.com
    Seorang desainer grafis bernama Melissa Washin mengirim lamaran pekerjaan dengan kain hasil jahitan sendiri. Kertas bukanlah medianya, melainkan kain menjadi media utamanya.
Wah kreatif dan unik ya cara mereka melamar pekerjaan? Tapi ingat, boleh saja kita mencoba membuat lamaran pekerjaan yang kreatif dan unik, asalkan sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kita lamar.
Inilah Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Kreatif dan Unik agar Kamu Diincar Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top