Tuesday, December 6, 2016

Inilah Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah

Untuk mencari berbagai aplikasi dan game di android, tentunya kita akan memanfaatkan Google Play Store. Kemudahan memperoleh dan banyaknya pilihan membuat Google Play menjadi diminati. Tapi siapa sangka, ternyata Google Play juga rawan akan gangguan.

Masalah yang terjadi biasanya ketika membuka Google Play Store, entah masalah eror atau memang Google Play Store tidak terbuka sama sekali. Hal ini bisa diatasi dengan beberapa tips di bawah ini.
Google Play Store / Gambar via techbakbak.com
Inilah cara mengatasi Google Play Store yang bermasalah:
  1. Cek Tanggal dan Waktu di Smartphone

    Kegagalan mengakses Google Play Store bisa terjadi karena masalah tanggal dan waktu di smartphone. Ketidak cocokan tanggal dan waktu bisa mengakibatkan eror, baik ketika mencari maupun menggunakan aplikasi.

    Caranya mengatasinya adalah dengan masuk ke menu Settings, lalu pada "System" kamu bisa melihat "Date and time" dan pilih "Automatic date and time", agar waktu dan tanggal dapat tersinkronasi secara otomatis. Jika tidak bisa otomatis, lakukan dengan manual dengan mematikan "Automatic date and time".
  2. Matikan VPN

    Jika kamu menggunakan VPN, matikan VPN agar Google Play Store dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kamu dapat mematikannya melalui menu Settings.
  3. Hapus Cache Google Play Store

    Biasanya Google Play Store dapat digunakan lagi dengan lancar ketika cache pada Google Play Store dibersihkan. Cache adalah area penyimpanan sementara atas data yang diakses di Google Play. Kamu bisa membersihkannya melalui menu Settings, kemudian buka "Apps" atau "Application Manager", lalu pilih "Clear Cache".

    Selain itu, ada cara lain yaitu dengan memilih "Clear Data". Biasanya cara ini manjur untuk membuat Google Play Store dapat diakses dengan lancar.
  4. Cek Disabled apps

    Terkadang ada aplikasi tertentu yang dibutuhkan oleh smartphone agar berjalan baik, hal ini juga berpengaruh terhadap Google Play Store yang tidak dapat diakses. Cara membukanya dengan membuka menu Settings lalu buka "Application Manager" dan lihat daftar paling bawah, itulah aplikasi yang dimatikan. Kamu cukup menekan Enable pada aplikasi.
  5. Install Google Play Service yang Terbaru

    Install Google Play Service yang terbaru dengan cara membuka Google Play Services di Google Play Store, atau dengan menyalakan fungs Auto-update apps agar semua aplikasi dapat ter-update secara otomatis.
  6. Reset Akun Google di Smartphone

    Jika cara-cara di atas masih belum bisa, kamu bisa melakukan reset pada akun Google. Caranya dengan mengeluarkan akun Google dari smartphone dan memasukkannya lagi, tapi risikonya kamu dapat kehilangan akun Google mu.

    Caranya adalah dengan membuka Settings lalu pilih Accounts & sync, lalu pilih akun Google yang akan dihapus dan pilih Remove account. setelah itu, masukkan kembali akun Google melalui menu Settings dan pilih lagi Accounts & sync, dan pilih "Add Account". Setelah itu ikuti langkah selanjutnya.
  7. Lakukan Factory Reset pada Smartphone

    Cara terakhir jika semua cara di atas tidak dapat membuat Google Play Store berjalan normal adalah me-reset nya kembali ke pengaturan pabrik. Risikonya kamu akan kehilangan semua datamu, tapi smartphone mu akan kembali ke pengaturan pabrik dan Google Play Store dapat dijalankan lagi.

    Caranya dengan masuk ke Settings, lalu pilih "Backup & reset". Setelah itu pilih Backup data dan Backup account. Kemudian pilih "Factory Reset" yang terletak di bagian bawah menu.
Selamat mencoba!
Inilah Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top