Saturday, December 3, 2016

Inilah Hal yang Menyebabkan Anak menjadi Durhaka

Masih ingat dengan dongeng Malin Kundang? Seorang anak yang tidak mengakui ibunya setelah ia pulang dari perantauan dan menjadi orang tua sehingga kemudian ibunya mengutuknya menjadi batu.

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang baik, patuh pada orang tua, sholeh dan sholehah. Namun dalam kenyataannya, masih ada saja anak yang membantah orang tuanya.

Padahal sudah jelas bahwa patuh pada orang tua itu wajib, tentu tidak lupa bahwa surga di telapak kaki ibu bukan? Lantas, apa yang menyebabkan anak menjadi durhaka?
Gambar sekedar ilustrasi / gambar via 123rf.com
Inilah hal yang menyebabkan anak menjadi durhaka:
  1. Pendidikan Buruk

    Sejak kecil jika anak tidak dididik agar bertakwa, berbakti, bersilaturahim, mencari ilmu, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang tidak menurut. Anak akan bertingkah seenaknya termasuk membangkang orang tua.
  2. Memperlakukan Anak secara Buruk

    Jika anak diperlakukan secara tidak baik oleh orang tua sejak kecil, maka anak akan terbiasa dengan sikap tidak baik tersebut. Hasilnya ia akan tumbuh menjadi tak terarah dan kedurhakaan yang ia lakukan.
  3. Adanya Pertentangan

    Ketika orang tua mengajarkan suatu hal kepada anak namun keduanya tidak mengamalkan apa yang telah diajarkan tersebut, malah orang tua melakukan hal yang bertentangan, maka hal ini akan memicu anak untuk bersikap membangkang dan durhaka.
  4. Minimnya Ketakwaan Kepada Allah Ta'ala

    Jika tidak ada ketakwaan dalam diri, lalu apa yang akan dijadikan pedoman hidup? Takwa kepada Allah Ta'ala itu harus, dengan orang tua yang bertakwa dan mengajarkannya kepada anak, maka kedurhakaan yang dilakukan pada anak dapat dihindari.
  5. Kedurhakaan Orang Tua terhadap Ibu dan Ayahnya

    Jika orang tua durhaka kepada ibu dan ayahnya (nenek dan kakek dari sang anak), maka orang tua akan dihukum juga berupa kedurhakaan sang anak kepada mereka.
Wallahu a'lam bishawab.
Inilah Hal yang Menyebabkan Anak menjadi Durhaka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top