Monday, December 19, 2016

Inilah Rahasia yang Membuatmu Terjerumus ke dalam Hutang!

Hutang itu tidak ada untungnya. Sebanyak apapun harta yang kita miliki, tapi kalau hutang masih menumpuk, rasanya masih ada beban di dalam diri.

Tak hanya orang kaya yang terlibat hutang, orang miskin pun juga terlibat hutang. Jika tidak ada uang untuk melunasi hutang, maka akan mencari uang lain untuk membayar hutang pertama yang caranya dilakukan dengan hutang. Seperti gali lubang tutup lubang.
Hutang / Gambar via comparecards.com
 Inilah rahasia yang membuatmu terjerumus ke dalam hutang:
  1. Sifat tak Mau Kalah dengan Orang Lain

    Sifat manusia yang iri akan menjerumuskanmu ke dalam hutang. Melihat si A beli mobil baru, timbul keinginan untuk membeli juga meskipun sedang tidak punya uang. Inilah yang membuatmu tidak bisa menahan godaan hutang.
  2. Tergoda Membeli Barang yang tak Perlu

    Melihat baju yang sedang trend di mall membuat keinginan membelimu tinggi, padahal kamu tidak terlalu membutuhkannya. Alhasil, uang yang tinggal untuk jatah makan seminggu di dompet kamu gunakan untuk membeli baju tersebut. Akhirnya hutang pun kamu lakukan untuk bisa makan karena uang sudah digunakan untuk membeli baju.
  3. Hidup Berlebihan dan tidak Realistis

    Realistislah pada kehidupan, misalnya gaji yang kamu miliki baru Rp 3 jutaan, tapi kamu ingin punya mobil. Alhasil hutanglah yang kamu lakukan. Inilah yang membawamu pada jurang hutang.
  4. Jarang Bisa Menyisihkan Uang Tabungan

    Menabung dan menyisihkan untuk dana darurat itu penting. Misalnya sewaktu kamu sakit, kamu harus punya simpanan uang untuk membawamu ke rumah sakit. Jika kamu tidak memiliki dana darurat dan sedang tidak ada uang, hutang lah yang akan menjadi pilihan.
  5. Tidak Punya Rencana Anggaran yang Jelas

    Anggaran yang kamu keluarkan harus jelas untuk apa saja. Alokasikan uang yang kamu miliki untuk hal yang paling penting. Jika tidak dianggarkan, kamu pasti akan lalai dan menggunakan uangmu untuk hal yang kurang berguna, malah ketika memerlukan uang untuk hal penting tidak ada.
Jadi, pandai-pandailah mengatur keuangan agar jangan sampai hutang ya!
Inilah Rahasia yang Membuatmu Terjerumus ke dalam Hutang! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top