Tuesday, December 20, 2016

Inilah Tips Ampuh Atasi Rasa Ragu

Dalam menentukan hidupnya, seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan. Tentu saja memilih untuk hidup itu tidak mudah. Pilihan seperti menikah, memilih salah satu dari dua pekerjaan yang kita inginkan, memutuskan untuk berbisnis, memutuskan untuk berhenti kerja, dan lainnya.

Pilihan-pilihan seperti itu memang sulit dan tak jarang kita dilanda kegalauan yang tinggi karena terlalu keras memikirkannya. Ketika sudah diputuskan, terkadang masih ada juga keraguan yang menghantui.
Ragu / Gambar via donjohnsonministries.org
Agar tidak ragu lagi, inilah tips ampuh atasi rasa ragu:
  1. Buatlah Dua Jenis Daftar

    Buatlah daftar pro dan kontra dari pilihanmu. Buatlah juga analisis SWOT mengenai hal itu, yaitu berkenaan dengan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dari alternatif pilihan. Dengan begitu, kamu dapat menentukan mana yang paling cocok untuk dirimu.

  2. Gali Lebih dalam

    Di tengah keraguan ini, mungkin saja pesaingmu juga mengalami keraguan. Dalam hal seperti ini, cobalah gali kemampuanmu lebih mendalam dan teruslah melangkah maju. Buatlah pesaingmu terjerat dalam keraguan dan akhirnya mundur.

  3. Ambil Langkah Pendek

    Keraguan bisa terjadi manakala kita memiliki ambisi yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, pikirkanlah jangka pendek saja dari tindakanmu. Jika itu berhasil, maka efek jangka panjang dapat kita atas juga dengan mudah.

  4. Bercermin pada Tokoh Panutan

    Setiap orang pasti memiliki tokoh panutan masing-masing. Lihatlah pengalaman hidup sang tokoh, pasti sebelum ia menjadi orang berhasil, ia mengalami kesulitan terlebih dahulu dan mungkin kesulitannya hampir sama dengan keraguanmu. Jadi, kamu bisa mempelajari kehidupannya.

  5. Tanya Orang Terdekat

    Tanyakan pada orang terdekat yang kamu percayai. Terkadang orang lain lebih mampu menilai dengan bijaksana diri kita daripada kita sendiri. Mereka akan berkontribusi memberikan solusi atas keraguan kita.

  6. Terus Maju Walaupun Semakin Sulit

    Kesulitan bukanlah suatu pantangan. Justru kesulitan ini adalah ujian agar kita berusaha terus hingga meraih kesuksesan. Kesulitan mengajarkan kita cara mengatasi masalah. Lihat saja orang-orang yang sudah sukses itu, mereka juga mengawalinya dengan berbagai kesulitan.

  7. Berdo'a pada Allah Ta'ala

    Rasa ragu membuat kita lebih dekat dengan Allah Ta'ala. Lakukan sholat istikharah, mintalah petunjuk pada Allah Ta'ala ketika kita dihadapkan pada keraguan yang membuat hati kita tak tenang. Pilihan Allah Ta'ala adalah yang paling baik bagi kita dan Allah Ta'ala akan memantapkan pilihan yang paling baik.
Itulah cara mengatasi rasa ragu. Semoga keraguan dalam diri kita dapat segera teratasi, Aamiin.
Inilah Tips Ampuh Atasi Rasa Ragu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top