Sunday, December 25, 2016

Inilah Tips Hentikan Kebiasaan Menggigit pada Anak

Ada saat-saat tertentu dimana anak akan senang menggigit, entah itu menggigit teman sepermainannya, ataupun menggigit keluarga serta orang tuanya. Anak-anak menggigit bukan tanpa alasan, ada hal-hal yang membuat mereka ingin menggigit sesuatu.

Biasanya anak menggigit karena itu merupakan proses belajar. Ia belajar mengenali dunia sekitarnya dengan mulut, serta menggigit orang lain tanpa berniat menyakiti. Selain itu, ini juga merupakan cara untuk mengungkapkan perasaan dan membela diri, terutama bagi balita yang belum dapat berbicara.
Ilustrasi / Gambar via redirectoffers.org
Mengigit juga merupakan salah satu tanda si anak mencari perhatian dan marah atau frustasi. Selain itu, proses tumbuh gigi pada anak itu menyebabkan gusi gatal dan sakit, jadi mereka mengurangi rasa sakit dengan menggigit. Serta dapat pula diakibatkan karena rasa ingin tahu tanpa bermaksud menyakiti.

Daripada memarahi anak terus menerus karena sering menggigit, ada baiknya kita cegah kebiasaan menggigit pada anak.

Inilah tips hentikan kebiasaan menggigit pada anak:

  1. Katakan pada anak bahwa menggigit itu tidak baik dan tidak boleh dilakukan.
  2. Biasanya, anak yang akan menggigit akan menunjukkan tanda-tanda seperti ia menggeretakkan giginya. Oleh karena itu, jauhkan ia dari orang-orang dan redakan amarahnya di tempat yang sepi.
  3. Ajari anak untuk mengungkapkan perasaannya, misalnya rasa sayang dengan memeluk, mendorong dengan pelan ketika tidak ingin didekati, dan lainnya.
  4. Jangan memenuhi permintaannya ketika ia masih menggigit, hukum dia jika masih menggigit teman atau anggota keluarga lainnya.
  5. Puji ia ketika melakukan perbuatan baik agar ia tahu bahwa ia tak perlu menggigit untuk mendapatkan perhatian.
  6. Arahkan perhatian anak ke hal yang positif supaya ia tidak terbiasa menggigit.
Selamat mencoba!
Inilah Tips Hentikan Kebiasaan Menggigit pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top