Tuesday, December 13, 2016

Inilah Tips Jadikan Anak Gemar Membaca dalam 10 Menit!

Anak zaman sekarang kurang suka terhadap buku. Mereka lebih senang bermain gadget daripada membaca buku, karena sudah terbiasa menggunakan gadget. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua.

Padahal, membaca itu sangat penting bagi. Membaca dapat membuat anak semakin pandai dan banyak ilmu, sisi kreatif anak juga akan meningkat, komunikasi dan perkembangan mentalnya juga baik ketika anak banyak membaca. Tentu hal ini akan sangat membantunya ketika dewasa nanti.
Membaca bersama anak / Gambar via readbrightly.com
Lantas, cara apa yang dapat membuat anak gemar membaca? Berikut ini ada tips yang dapat digunakan oleh orang tua untuk memancing anak supaya senang dengan buku dan senang membaca. Cukup dilakukan 10 menit saja setiap tipsnya, dan anak akan menyukai buku.

Inilah tips jadikan anak gemar membaca dalam 10 menit:
  1. Ajak Anak Menata Koleksi Buku di Rumah

    Jadikan acara menata buku sebagai pengganti bermain, buat secara asyik dan menarik. Jangan ada bentakan atau suruhan. Orang tua juga harusnya melakukannya karena anak adalah peniru ulung. Dengan terbiasa menata buku dan melihat buku, maka anak akan tergerak untuk mau membaca.
  2. Baca Fakta Unik dan Menarik dari Internet

    Kenalkan internet pada anak jangan hanya melulu mengenai game, musik, atau hiburan saja, tapi kenalkan internet sebagai sumber bacaan. Baca fakta-fakta unik dan menarik di internet bersama anak, sesuaikan bacaan dengan usia anak juga.
  3. Membuat Cerita dari Sebuah Gambar

    Jika anak suka menggambar, buatlah cerita dari gambar tersebut. Cara sederhananya, minta anak untuk membuat suatu gambar, kemudian bersama-sama rangkai cerita dari gambar tersebut. Dengan itu akan meningkatkan minat anak dalam membaca dan bercerita.
  4. Ceritakan Hal Menarik tentang Karakter Idola

    Biasanya, anak akan memiliki karakter idola, entah itu kartun atau mainan. Cari informasi tokoh tersebut di internet, kemudian print terlebih dahulu dan luangkan waktu kurang lebih 10 menit untuk menceritakan pada anak, atau bisa juga membaca bersama dengan anak.
  5. Bacakan Cerita Pendek

    Ini yang paling mudah dilakukan, yaitu membacakan anak cerita pendek. Bisa bacakan di sore hari saat senggang atau ketika malam hari sebelum tidur. Dengan budaya membacakan cerita, anak akan antusias dan lama-kelamaan tertarik dengan membaca.
Setiap teknik dapat disesuaikan dengan karakter anak masing-masing. Intinya, budaya membaca juga harus ditanamkan pada diri orang tua, agar anak terbiasa juga dengan membaca. Selamat mencoba!
Inilah Tips Jadikan Anak Gemar Membaca dalam 10 Menit! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top