Wednesday, December 14, 2016

Inilah Tips Memilih Oli yang Terbaik untuk Kendaraan

Sebagian besar dari kita sebagian besar pasti sudah mengendarai kendaraan sendiri. Dengan memiliki kendaraan sendiri, tentunya kita juga harus tahu cara untuk merawatnya agar kendaraan tetap dalam kondisi yang baik.

Salah satu cara yang dilakukan untuk merawat kendaraan adalah dengan mengganti oli. Oli selain sebagai pelumas juga berfungsi untuk pendingin, pelindung dari karat, pembersih, dan penutup celah pada dinding mesin kendaraan.

Berikut ini akan dibahas mengenai jenis oli yang baik digunakan untuk kendaraan kita. Karena beda kendaraan akan berbeda kebutuhan olinya.
Oli / Gambar via fuelinjectorcleanerhq.com

Inilah tips memilih oli yang terbaik untuk kendaraan

Yang pertama-tama kamu harus mengenal tingkat kekentalan tipe oli yang akan digunakan, atau biasa disebut dengan SAE (Socieoty of Automotive Engineers). Perhatikan juga angka yang ada di belakangan tulisan SAE, contoh (SAE-40/SAE 15W-40), dimana W artinya adalah winter atau tingkat kekentalan oli.

Selain kekentalan, kualitas oli juga ditentukan dengan kode API (American Petroleum Institute) dan diikuti huruf belakang seperti API :SL. Kode "S" ini berarti spark, yang menandakan pelumas untuk bahan bakar bensin, dan kode "L" sebagai penanda kualitas oli. Semakin mendekati huruf Z maka kualitas oli akan semakin baik.

Tak hanya itu, kamu juga pasti pernah mendengar istilah oli mineral, semi synthetic dan full synthetic, bukan? Biasanya tulisan ini ada juga di kaleng oli.

Oli synthetic adalah jenis oli yang bisa dicampur antara oli mineral dan synthetic. Sedangkan untuk oli semi synthetic merupakan oli yang lebih baik dari oli synthetic karena campuran yang diberikan lebih banyak, dan oli full synthetic adalah jenis oli yang tidak memiliki campuran atau oli murni.

Oli mineral cocok untuk motor yang sudah berumur. Namun, oli synthetic memiliki beberapa keunggulan daripada oli mineral, antara lain lebih stabil pada temperatur tinggi, mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin, sirkulasi lebih lancar, lebih ekonomis karena tahan terhadap oksidasi atau perubahan, meningkatkan tenaga dan membuat suara mesin halus, serta mengurangi gesekan.

Untuk oli full synthetic baik digunakan oleh motor balap yang mesinnya harus bekerja pada putara tinggi. Hal ini dipilih karena oli tersebut mampu melumasi celah-celah yang sangat kecil pada komponen kendaraan dan tingkat kekentalan juga stabil. Namun, harganya lebih mahal daripada oli semi synthetic dan oli mineral.

Semoga bermanfaat!
Inilah Tips Memilih Oli yang Terbaik untuk Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top