Monday, December 12, 2016

Inilah Tradisi Unik Rayakan Maulid Nabi di Seluruh Dunia

Tepat di tanggal 12 Desember 2016, umat muslim di seluruh dunia merayakan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Untuk merayakannya, setiap negara memiliki tradisi masing-masing yang sangat unik.

Di desa saya yang berada di salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Maulid Nabi diperingati dengan bancaan (kenduri) di mushola dan masjid-masjid. Selain itu, pada hari-hari sebelumnya juga diadakan pembacaan kitab Al Barzanji (dalam bahasa Jawa disebut juga "berjanji" atau "berjanjen").

Al Barzanji adalah karya tulis berupa prosa dan sajak yang isinya bercerita tentang biografi Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, mulai dari silsilahnya, kehidupannya dari masa kanak-kanak hingga menjadi rasul, juga mengisahkan sifat-sifat mulia beliau, serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan hidup manusia.

Inilah tradisi unik perayaan Maulid Nabi di seluruh dunia:

  1. Etiopia
Maulid Nabi di Etiopia dengan makan bersama / Gambar via mgafrica.com
Tak hanya Idul Adha, di Etiopia tradisi Maulid Nabi diperingati dengan berqurban dan berbagi dengan kaum tak mampu. Selain itu, tak sedikit pula yang mengundang tetangga mereka yang beda agama untuk makan bersama.

2. India

India / Gambar via thedailyinfo.pk 
Meskipun mayoritas penduduk India adalah pemeluk agama Hindu, tapi Maulid Nabi di sana ditetapkan sebagai hari libur nasional di India Utara, tepatnya provinsi Jammu dan Kashmir. Tradisi mereka merayakan adalah dengan membawa atribut dan mengenakan pakaian serba hijau yang dianggap merepresentasikan Islam dan surga, kemudian berdo'a dan makan bersama di masjid.

3. Nigeria

Nigeria / Gambar via i1os.com 
Di Nigeria, tradisi Maulid Nabi dirayakan dengan mengadakan pesantren kilat membaca kitab suci, bersholawat, dan do'a bersama. Kesemua itu dilakukan selama tujuh hari.

4. Sudan

Di Sudan, nampaknya tradisi Maulid Nabi sangat meriah. Pasalnya, negara yang 97% penduduknya adalah umat Islam ini menggelar acara sejak hari pertama bulan Rabiul Awal. Pesta tarian Sufi dan do'a bersama dilakukan.
Peringatan maulid nabi di Sudan / Gambar via https://www.youtube.com/watch?v=IwU46PLlvEQ
Tak hanya itu, pemerintah juga menggratiskan pelayanan kesehatan hingga tiba hari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.
MasyaAllah, begitu indah umat Islam di seluruh dunia merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Mari, kita juga rayakan dengan banyak-banyak bersholawat dan berdo'a pada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.
Inilah Tradisi Unik Rayakan Maulid Nabi di Seluruh Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top