Sunday, December 11, 2016

Inilah Waktu Ngemil yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Setiap orang susah dihindarkan dari kebiasaan ngemil, bahkan mereka dapat ngemil lebih banyak daripada makan makanan utama. Di Indonesia sendiri, makanan yang termasuk dalam camilan seperti cireng, batagor, siomay, dan makanan lain yang sebenarnya dapat membuat kenyang. Tapi orang Indonesia jika belum makan nasi belum dikatakan makan.

Hal inilah yang menyebabkan tingkat obesitas di Indonesia tinggi. Berbicara mengenai makanan, pakar diet justru menyarankan makan sehari 4-5 kali. Hanya saja porsinya lebih kecil daripada kalau kita makan biasa. Dan tentu saja makanan yang kita makan harus mengandung gizi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat.
Cemilan sehat / Gambar via thenesthome.net
Inilah waktu ngemil yang tepat untuk kesehatan:
  1. Pukul 10.00 sampai 10.30

    Ngemil di waktu ini biasa disebut brunch, karena berada diantara makan siang dan makan pagi. Hal ini dilakukan untuk menjaga gula darah dan energi tetap stabil, apalagi jika kita telat sarapan atau tidak sempat makan siang.

    Camilan yang dianjurkan adalah kacang-kacangan karena tinggi protein, serat, dan lemak sehat. Opsi lain kamu bisa mengkonsumsi roti gandum dengan irisan alpukat, atau olesan keju atau selai kacang.
  2. Pukul 16.00 sampai 16.30

    Sebelum makan malam, kita boleh juga ngemil. Hal ini untuk mencegah berlebihan makan malam. Camilan yang dianjurkan adalah buah seperti apel, pisang dengan olesan selai kacang, kurma dan keju, atau popcorn dengan sedikit lelehan butter tawar.
Dengan menu camilan sehat dan dimakan saat waktu yang tepat, kita bisa mengontrol kesehatan tubuh. Selamat mencoba!
Inilah Waktu Ngemil yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top