Monday, December 19, 2016

Inilah yang Harus dan tidak boleh Kamu Lakukan ketika ada Diskon Akhir Tahun!

Tahun 2016 akan segera berganti menjadi tahun 2017. Biasanya, di penghujung tahun akan diadakan diskon besar-besaran di banyak toko, baik online maupun offline. Banyak toko, mall, supermarket, yang menjual semua persediaannya sebelum tahun berganti.

Sebagai konsumen, tentu kita akan mudah tergiur dengan penawaran murah dari berbagai toko ini, bukan? Meski kita tidak terlalu butuh, tapi jika melihat harga yang ditawarkan begitu murah, tak kuasa rasanya menolak keinginan untuk membeli.

Tapi sebelum kamu membeli, kamu harus tahu apa yang harus dan tidak boleh kamu lakukan menghadapi diskon akhir tahun ini. Penasaran apa saja?

Yang harus kamu lakukan:
  1. Sediakan Dana yang Cukup

    Entah belanja online atau offline, yang terpenting adalah siapkan dana yang cukup. Jika kamu berencana memberi hadiah pada orang lain, catat siapa saja yang akan kamu beri hadiah. Lalu, anggaran yang sudah kamu siapkan dibagi dengan jumlah si penerima hadiah.
  2. Rajin Mencari Peluang

    Carilah even-even yang sedang berlangsung di suatu toko, baik online maupun offline. Jika kamu malas membuka satu per satu toko online, kamu bisa berlangganan newsletter mereka. Selain itu, manfaatkan juga even lain seperti Harbolnas, Black Friday, promo akhir tahun, dan lainnya.
  3. Gratis Ongkos Kirim

    Rajin-rajin juga cek toko online yang menawarkan gratis ongkos kirim ke seluruh pengiriman. Lumayan kan kalau ada gratis ongkos kirim ditambah lagi harga barang yang diskon.
  4. Nikmati Rewardmu

    Kalau kamu rajin belanja di satu toko, pasti ada reward dari toko untuk kamu. Kamu bisa cek email atau sms, bisa juga tanyakan langsung ke toko yang bersangkutan. Reward bisa berupa free item, diskon, atau yang lain sesuai kebijakan toko.
Selain hal yang harus kamu lakukan, ada juga hal yang tidak boleh kamu lakukan, yaitu:
  1. Hindari Pengeluaran yang Melebihi Target

    Sebelum berbelanja, tentukan dulu pengeluaran yang akan kamu lakukan. Sediakan uang dan tulis daftar apa yang akan kamu beli. Jangan sampai tahun barumu menjadi awal yang tak menyenangkan karena uangmu habis karena belanja tanpa perhitungan.
  2. Bedakan antara Murah dan Hemat

    Bedakan yang hemat dan yang murah. Hemat berarti mendapatkan harga termurah untuk barang incaranmu yang kamu tahu kualitasnya. Sedangkan murah yaitu mencari barang tertentu yang paling murah dari barang sejenis tapi dengan kualitas di bawahnya.

    Misalnya saja kamu bisa mendapatkan sweater seharga Rp 150.000 tapi kainnya tipis, sedangkan sweater yang satunya seharga Rp 180.000 dengan bahan yang bagus. Lebih baik belilah yang seharga Rp 180.000 dengan bahan yang bagus.
  3. Kalau Bisa Dibuat, jangan Dibeli

    Jika kamu bisa membuat barang itu sendiri, maka lebih baik tidak usah membeli. Terutama jika ditujukan untuk hadiah, karena hadiah yang terindah adalah hadiah yang dibuat khusus dari hati.
  4. Lihat Ketentuan Pengembalian Barang

    Sebelum berbelanja, perhatikan dulu prosedur pengembalian barang. Jika prosedurnya sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa membelinya.
  5. Jangan Membayar untuk Ongkos Kirim Pengembalian Barang

    Jika ada pengembalian barang, tanyakan pada toko apakah ongkos pengembalian barang ditanggung kamu atau toko. Jika kamu yang harus menanggung, lebih baik tidak usah, karena ujungnya nanti kamu malah akan keluar biaya ekstra.
Itulah hal-hal yang harus dan tidak harus kamu lakukan ketika ada diskon akhir tahun.
Inilah yang Harus dan tidak boleh Kamu Lakukan ketika ada Diskon Akhir Tahun! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top