Wednesday, December 28, 2016

Kenapa Dajjal tidak dapat Masuk ke Mekkah dan Madinah?

Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi, bukan jin atau makhluk lain, tapi benar-benar manusia. Hanya saja, ia ditangguhkan ajalnya seperti Nabi Isa Alaihissalam. Dajjal memiliki ayah yang tinggi dan gemuk, dimana hidungnya seperti paruh burung. Ibunya sendiri seorang perempuan yang gemuk, yang berasal dari bangsa jin dari zaman Nabi Sulaiman Alaihissalam.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda mengenai ciri-ciri Dajjal, "Dajjal ialah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya, serta dia mempunyai surga dan neraka. Nerakanya itu merupakan surga dan surganya pula merupakan neraka." (Hadis Sahih Muslim)
Ilustrasi dajjal / Gambar via Youtube TheWayOfLife

Lalu, mengapa Dajjal tidak dapat masuk ke Mekkah ataupun Madinah?

Dalam sahih al Bukhari diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Di setiap pojok Madinah ada malaikat, sehingga wabah penyakit dan Dajjal tak dapat memasukinya."

Bukhari juga meriwayatkan hadis dari Anas ibn Malik bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Almasih (Dajjal) tak dapat memasuki Madinah. Pada saat itu Madinah memiliki tujuh pintu, dan setiap pintunya ada dua malaikat."

Dalam Sunan Ibn Majah, Shahih Ibn Khuzaimah, dan Mustadrak al Hakim diriwayatkan dari Abu Umamah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Tak ada tempat di muka bumi yang tidak diinjak dan diduduki Dajjal, kecuali Mekkah dan Madinah.

Ia mendatangi setiap celah kedua kota itu, namun malaikat selalu menemuinya dengan pedang. Akhirnya ia singgah di Dharib Ahmar, di persimpangan tanah kosong yang tandus.

Lalu, Madinah diguncang tiga kali sehingga semua orang munafik, baik laki-laki maupun perempuan, keluar menuju Dajjal. Dengan demikian, yang jelek keluar dari Madinah sebagaimana kipas tungku api membersihkan kotoran besi. Hari itu disebut pembersihan. Ada yang bertanya, 'Dimana orang Arab saat itu?', Jawab beliau, 'Pada saat itu mereka sedikit'.
"

Marilah kawan, tingkatkan iman dan takwa kepada Allah Ta'ala. Kita tidak akan tahu kapan Dajjal akan turun ke bumi. Semoga kita semua dilindungi dan mendapat pertolongan dari Allah Ta'ala. Aamiin.
Kenapa Dajjal tidak dapat Masuk ke Mekkah dan Madinah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top