Friday, December 30, 2016

Keren! Tak hanya untuk Menghubungkan Satu Daerah dengan yang Lain, Jalanan juga Digunakan untuk Pembangkit Listrik di Perancis!

Di semua tempat pasti terdapat jalan. Yang paling banyak adalah jalan raya, baik di kota maupun di desa sekarang sudah ada fasilitas jalan raya.

Jalan raya memudahkan mobilisasi orang-orang. Antar kota antar daerah dapat dihubungkan dengan jalan raya. Seperti yang kita ketahui, jalan raya adalah sarana untuk melaju kendaraan dan sebagai jalan penghubung, tapi di Perancis, jalan raya juga digunakan sebagai pembangkit listrik loh!
Wattway / Gambar via japantimes.co.jp 

Keren! Tak hanya untuk menghubungkan satu daerah dengan yang lain, jalanan di Perancis juga digunakan untuk pembangkit listrik

Perancis telah meresmikan jalan raya umum untuk pembangkit listrik. Jalan yang terletak di desa Tourouvre-au-Perch di Normandia sepanjang 1 kilometer ini diklaim pertama kali di dunia ini menghabiskan biaya pembuatan sebesar USD 5,2 atau sekitar Rp 69,8 miliar.

Jalanan ini disebut sebagai "Wattway", yang dibangun oleh perusahaan Colas. Wattway ditutupi 2.800 meter persegi panel yang dimanfaatkan untuk menyerap tenaga matahari agar menghasilkan listrik. Dan diperkirakan, jalanan ini dilalui kurang lebih 2.000 pengemudi setiap hari. Tujuan utamanya adalah untuk menerangi jalan di desa yang dihuni 3.400 penduduk itu.

Sebenarnya, Menteri Ekologi Perancis, Segolene Royal, berkeinginan untuk memasang panel surya di jaringan jalan raya di Perancis sepanjang 1 kilometer di setiap 1.000 kilometer.

Namun, Marc Jedliczka, Wakil Presiden dari Network for Energetic Transition (CLER), berpendapat untuk lebih mengutamakan yang lainnya daripada sumber energi ini karena dinilai sangat mahal. Selain itu juga sinar matahari tidak terlalu kuat dan jarang menerangi wilayah tersebut.

Wah, hebat ya! Semoga terobosan baru ini dapat memacu negara lain juga untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan.
Keren! Tak hanya untuk Menghubungkan Satu Daerah dengan yang Lain, Jalanan juga Digunakan untuk Pembangkit Listrik di Perancis! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top