Sunday, December 11, 2016

Manakah yang Harus Didahulukan, Berjilbab atau Memperbaiki Akhlak?

Masih banyak wanita muslim yang belum mengenakan jilbab. Banyak sekali alasan yang mendasarinya, seperti misalnya ingin memperbaiki hati dulu. Mereka beranggapan bahwa mereka akan berjilbab ketika perilaku dan hatinya sudah baik.

Entah manakah yang lebih baik dilakukan seorang muslimah, apakah ia harus memperbaiki hati dulu baru berjilbab, atau ia langsung saja berjilbab dan masalah hati urusan nanti.
Hijab / Gambar via dailytexanonline.com

Manakah yang didahulukan, berjilbab atau memperbaiki akhlak?

Hati dan pebuatan sebenarnya sama pentingya, sehingga sulit untuk menentukan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Dan manusia juga tidak tahu standarirasi untuk menilai urusan hati. Kita tidak bisa tahu apakah orang itu sudah bersih dan baik dan bagaimana cara menilainya?

Kewajiban seorang muslimah untuk mengenakan jilbab adalah ketika ia sudah akil baligh. Tandanya ketika wanita sudah mendapatkan hadiah pertama kalinya dan saat itulah ia sudah dianggap oleh Allah Ta'ala tepat untuk memakai jilbab.

Rasulullah bersabda kepada anak perempuan Abu Bakar ra, Asma' binti Abu Bakar ra, "Wahai Asma', seorang wanita bila telah haidh maka tidak boleh nampak darinya kecuali ini dan ini." Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memberi isyarat kepada wajah dan telapak tangannya.

Beliau tidak mengatakan bahwa bila sudah bersih hatinya atau bila sudah baik akhlaknya, atau hal lain. Yang jelas, beliau mengatakan bahwa bila sudah haidh, itu artinya sudah akil baligh.

Dalam Al Qur'an surat An Nur ayat 31, Allah Ta'ala berfirman, "Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya..."

Oleh karena itu, tak usah menunggu memiliki akhlak yang baik untuk berjilbab, tapi bukan berarti juga wanita muslimah boleh berakhlak buruk. Wanita muslimah harus berakhlak baik dan juga berjilbab, dan keduanya harus dilakukan tanpa menunggu satu sama lain.

Disarikan dari jawaban Ustadz Ahmad Sarwat, Lc.
Manakah yang Harus Didahulukan, Berjilbab atau Memperbaiki Akhlak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top