Thursday, December 8, 2016

MasyaAllah, Memotivasi Sholat Tepat Waktu dapat Melalui Sholat Ashar

Umat Islam wajib menjalankan sholat lima waktu dalam sehari, mulai dari subuh, dzuhur, ashar, magrib, isya, dan kembali lagi ke subuh hingga seterusnya tak boleh berhenti. Semua sholat penting dan wajib dilakukan, tidak boleh meninggalkannya meski hanya satu waktu.

Mungkin beberapa dari kita masih ada yang sholatnya bolong dengan berbagai alasan. Ada yang subuh bolong karena telat bangun, dzuhur bolong karena masih di kantor, ashar bolong karena macet di perjalanan pulang dan baru magrib sampai rumah, magrib dan isya lupa sholat karena terlalu lelah akhirnya ketiduran. Naudzubillah.
Sholat / Gambar via YouTube Howcast
Padahal, jika kita meninggalkan satu waktu saja, kita akan sangat merugi. Contohnya saja ketika kita menunda atau meninggalkan sholat ashar, kita akan sangat merugi.

Kesitimewaan sholat ashar sehingga merugi jika ditinggalkan

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 238, "Peliharalah semua sholat, dan (peliharalah) sholat wustha (ashar). Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyu."

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat sholat subuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta'ala bertanya kepada mereka dan Allah Ta'ala lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya), "Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?". Para malaikat menjawab, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan sholat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan sholat"." (HR. Al Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632)

Banyak sekali manfaat dan kebaikan bagi yang menjalankan sholat tepat waktu, bahkan surga sudah Allah Ta'ala janjikan. Namun, bagi mereka yang menunda-nunda melaksanakan sholat, maka ancaman yang akan mereka dapatkan.

Jika seseorang mengerjakan sholat ashar di akhir waktu karena berada dalam kondisi darurat tertentu, maka sholatnya tetap sah meskipun dia hanya mendapatkan satu raka'at sholat ashar sebelum waktunya habis. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang mendapati satu rak'at sholat ashar sebelum matahari terbenam, maka dia telah mendapatkan sholat ashar."

Namun, jika sengaja menunda-nunda pelaksanaan sholat ashar hingga waktunya hampir habis, maka ini dikatakan sebagai ciri-ciri orang munafik.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Itulah sholatnya orang munafik, (yaitu) duduk mengamati matahari. Hingga ketika matahari berada diantara dua tanduk setan (yaitu ketika hampir tenggelam, dia pun berdiri (untuk mengerjakan sholat ashar) empat raka'at (secara cepat) seperti patukan ayam). Dia tidak berdzikir untuk mengingat Allah Ta'ala kecuali hanya sedikit saja."

Orang-orang munafik inilah yang akan hidup di dalam kerak neraka, bagian neraka yang paling dasar. Sungguh sangat mengerikan, semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang munafik.

Dan melalui sholat ashar tepat waktu, semoga kita dapat termotivasi untuk melaksanakan sholat yang lain juga dengan tepat waktu.
MasyaAllah, Memotivasi Sholat Tepat Waktu dapat Melalui Sholat Ashar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top