Thursday, December 29, 2016

Mengapa Sholat Tahajjud Berat Dilaksanakan? Ini Alasannya!

Dalam Islam, banyak sekali ibadah yang dapat dilakukan oleh manusia. Selain ibadah wajib sholat lima waktu, ada sholat-sholat sunnah yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah sholat tahajjud.

Sholat tahajjud banyak sekali manfaatnya. Namun sayangnya, banyak dari umat Islam yang masih sulit melaksanakan sholat tahajjud karena sulit untuk bangun di sepertiga malam. Mengapa bisa terjadi?
Mengapa bangun malam untuk sholat tahajjud susah? / Gambar via reddit.com

Inilah alasan mengapa banyak orang yang masih malas dan berat melaksanakan sholat tahajjud:

  1. Adh dho'ful iimaani, lemah iman. Jika iman kuat, maka bangun malam bukan hal yang sulit, bahkan sangat dinantikan waktu untuk menghadap-Nya.
  2. Al jahlu, karena awam ilmu agamanya. Seandainya ia tahu manfaat, keutamaan, rahasia, dan indahnya tahajjud, pasti ia tidak akan rela meninggalkan sholat tahajjud walaupun hanya satu malam hanya karena malas atau lelah.

    Dalam surat Az Zumar ayat 9, Allah Ta'ala berfirman, "Apakah sama hamba Allah yang bangun malam sujud berdiri yang takut dengan dahsyatnya akhirat dan mengharapkan rahmat Allah dengan mereka yang lelap dalam peraduan tidur? Apakah sama hamba Allah yang berilmu dengan yang tidak berilmu? Sesungguh hanya hamba Allah berilmu yang mengingat Allah di penghujung malam."
  3. Hubbud dunya, artinya adalah budak dunia. Mereka terlalu mengejar dunia hingga lupa akhirat. Misalnya bangun di malam haripun bukan sholat tahajjud yang ia kerjakan, tapi urusan dunia lainnya.
  4. Abdul hawa, adalah budak nafsu. Mereka yang terlalu senang dengan hobinya, maksiat, dan perbuatan-perbuatan buruk hingga melalaikan sholat.
  5. Tho'mul haraami, banyak makan dan minum yang haram. Ini menyulitkan mereka yang mengkonsumsi perkara haram mengerjakan sholat lima waktu, apalagi sholat sunnah.

    Allah berfirman, "Mereka tidak mengerjakan sholat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan." (QS At-Taubah 54)
Oleh karena itu, biasakanlah tubuh untuk bangun di sepertiga malam dan mengerjakan sholat tahajjud. Banyak sekali manfaatnya. Sebelum tidur, berwudhu dan berdo'alah, serta tak lupa berdo'a kepada Allah Ta'ala agar dibangunkan di malam hari untuk dapat melaksanakan sholat tahajjud dan menghilangkan rasa malas untuk sholat.
Mengapa Sholat Tahajjud Berat Dilaksanakan? Ini Alasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top