Saturday, December 17, 2016

Mengapa tidak boleh Minum Obat dengan Susu? Ini Alasannya!

Ketika sakit, selain harus istirahat kita juga dianjurkan untuk meminum obat. Hal itu dikarenakan agar sakit yang kita alami cepat sembuh dan tubuh kembali pulih.

Berbicara mengenai obat, setiap orang memiliki cara masing-masing dalam mengkonsumsi obat-obatan. Ada yang meminumnya dengna air putih, meminum dengan makan pisang, dan lainnya.
Minum obat dengan susu tidak baik / Gambar via webmd.com
Selain itu, ada juga orang-orang yang mengkonsumsi obat dengan minum teh, kopi, atau susu. Meskipun dapat mengantisipasi rasa pahit dari obat, tapi meminum dengan selain air putih, terutama susu sangat tidak dianjurkan. Mengapa tidak boleh?

Inilah alasan mengapa tidak boleh minum obat dengan susu?

Hal ini dikarenakan kalsium yang ada pada susu justru akan mengikat antibiotik yang mengakibatkan obat tidak dapat diserap oleh tubuh. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap obat, salah satunya adalah keasaman relatif dalam perut, nutrisi, maupun beberapa unsur lainnya seperti kalsium.

Antibiotik tidak dapat terserap ketika minum obat dengan susu adalah karena di dalam obat-obatan terdapat kandungan tetrasiklik yang mudah dan akan bereaksi dengan susu, bahkan reaksinya buruk bagi tubuh. Minuman lain seperti teh, kopi, jus, juga mengandung senyawa lain seperti kafein yang juga mengakibatkan penyerapan obat akan terhambat atau tidak sama sekali.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan minum dengan air putih ketika minum obat. Meskipun terkadang meninggalkan rasa pahit, tapi kita bisa mengatasinya dengan memakan buah yang manis atau asam setelah minum obat agar rasa pahit tidak tertinggal di lidah.

Jangan minum obat dengan selain air putih ya!
Mengapa tidak boleh Minum Obat dengan Susu? Ini Alasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top