Saturday, December 17, 2016

Menggunakan Berlian dapat Mendeteksi Kanker?

Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi ancaman nomor satu di dunia. Kanker memang sulit dideteksi, tiba-tiba orang yang dinyatakan kanker sudah stadium tinggi, padahal sebelumnya biasa saja.

Padahal, ketika kanker baru diketahui saat stadium tinggi, pengobatan rutin tak lantas langsung dapat menyembuhkan penyakit berbahaya ini. Oleh karena itu, harus dilakukan cara agar dapat mendeteksinya sejak awal.
Berlian / Gambar via huffingtonpost.com

Berlian dapat digunakan untuk mendeteksi kanker

Belakangan ini, ilmuwan asal University of Sidney menyatakan penemuan yang mencengangkan mengenai berlian yang temuan tersebut dilakukan di Nature Communications. Berlian ini bukanlah perhiasa semata, melainkan alat untuk melacak atau melawan penyakit kanker sejak dini.

Berlian buatan ini berukuran nano, yang dapat digunakan oleh manusia. Hal ini dapat menjadi pelacak sel kanker dalam tubuh, obat dapat dengan mudah dideteksi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan akan tampak ketika dilakukan scan.

Obat tersebut akan disuntikkan ke dalam tubuh orang yang terdeteksi penyakit kanker. Pasien pun tidak perlu menjalani bedah untuk mengangkat penyakit kanker tersebut. Berlian buatan hyperpolarised ini pada molekul akan segera menuju sel kanker dan dapat melacak dengna mudah.

Provesor David Relly, ketua tim penelitian tersebut mengatakan bahwa pihaknya mencoba berinovasi dengan menciptakan suatu pengobatan yang bebas racun dan tidak berbahaya.

Semoga temuan ini dapat membantu dan digunakan untuk membantu orang-orang di seluruh dunia mencegah kanker.
Menggunakan Berlian dapat Mendeteksi Kanker? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top