Friday, December 2, 2016

Minum Es Batu tidak Membuat Tubuh Gemuk, Benarkah?

Minum minuman yang dingin memang sangat menyegarkan, apalagi di cuaca yang sedang terik. Terkadang orang juga tak peduli panas ataupun hujan, mereka tetap saja meminum minuman dingin. Cara paling cepat membuat minuman dingin adalah dengan menambahkannya es batu.

Tapi, kebanyakan orang menganggap bahwa minum es bisa membuat gemuk. Mungkin menurut mereka karena es itu dingin, jadi dapat membekukan lemak yang ada di tubuh yang akhirnya terjadi penumpukan lemak dan orang tersebut akan bertambah gemuk. Apakah benar?
Air es / Gambar via diyprojects.tips

Apakah minum es membuat gemuk?

Ketika minum es batu, yang masuk ke dalam tubuh tentu bukan es batunya bukan? Yang kita telan adalah cairan dingin dari es batu yang mencair. Meskipun kita memakan es batu, pastinya kita akan mengunyah atau mengulum es batu itu hingga mencair terlebih dahulu.

Sebenarnya, meminum air dingin tidak memberikan efek apapun bagi tubuh. Tidak membekukan lemak ataupun darah pada tubuh. Serta tidak mengganggu organ tubuh ketika cairan dingin ini melewatinya.

Faktanya, meminum air dingin atau air biasa itu sama saja. Tubuh akan menyesuaikan diri dengan makanan atau minuman yang masuk. Tubuh manusia penuh dengan pembuluh darah yang berfungsi menghangatkan dan mendinginkan suhu minuman atau makanan yang masuk.

Proses penghangatan es batu ini sudah terjadi ketika melewati kerongkongan dan lambung, jadi saat tiba di usus halus air dari es batu tersebut sudah seperti air putih, tidak dingin seperti saat kita minum.

Sebenarnya, jika ditanya minum es batu itu membuat gemuk atau tidak itu tergantung dari kondisinya. Jika es batu bersamaan dengan minuman manis seperti sirup atau soda, hal ini bisa membuat gemuk karena kalori dalam sirup adalah 106 kalori dan satu kaleng soda mengandung 140 kalori.

Tapi, meminum air dingin juga membuat otak senang. Pernah merasakan ketika cuaca sedang panas kita menjadi segar setelah minum air dingin dan ingin menambahnya lagi dan lagi, bukan? Jika dibarengi dengan minuman manis tadi, tentu juga akan mengakibatkan kegemukan.

Minum es batu dengan air putih biasa tidak menyebabkan kegemukan, justru berat badan kita dapat terjaga karena jika sebelum makan kita sudah minum air dingin, maka nafsu makan kita akan berkurang dan kita tetap dapat menjaga berat badan. Tapi bukan berarti kita minum air dingin saja agar langsing ya, karena tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi dari makanan.

Jadi, jangan lagi takut jika minum es batu itu membuat gemuk ya!
Minum Es Batu tidak Membuat Tubuh Gemuk, Benarkah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top