Tuesday, December 27, 2016

Patahkan Ilmu Fisika, Zat ini Sempat Dikira Ilmu Sihir!

Belajar fisika atau kimia di laboratorium memang menyenangkan. Ada beberapa percobaan yang akan membuatmu takjub dan tak percaya. Tapi ini semua nyata adanya dan tidak ada sangkut pautnya dengan ilmu sihir.

Terkadang, fisika dan kimia digunakan oleh para pesulap untuk membuat para penonton terkesan, padahal itu semua adalah sains. Berikut ini ada beberapa percobaan seperti ilmu sihir tapi ini adalah sains. Pensaran?

Inilah percobaan yang mematahkan ilmu fisika dan sempat dikira ilmu sihir:
  1. Es Panas

    Es panas atau dalam sains dikenal sebagai sodium asetat, merupakan cairan yang berubah padat karena disentuh, dihentakkan dengan keras, atau meneriakinya. Biasanya proses ini digunakan untuk membuat patung es instan.
    Sodium asetat / Gambar via techeblog.com
    Tuangkan zat cair ke dalam wadah, sentuh dengan jari dan saksikan kristal es terbentuk dari ujung ke ujung sampai seluruh wada membeku dalam waktu beberapa detik saja. Tapi, ini bukan benar-benar es karena ketika disentuh rasanya akan hangat.
  2. Bubuk yang Meledak secara Spontan

    Nitrogen Triodida yang meledak / Gambar via vimeo.com
    Jangan pernah bermain-main dengan Nitrogen Triodida yang mungkin kita kira hanya tumpukan kotoran. Tapi, jika benda ini disentuh walaupun hanya dengan ujung bulu, maka akan menyebabkan ledakan yang dapat membuat telinga berdenging.
  3. Logam yang dapat Mencair

    Galium, adalah logam yang jika dihangatkan sedikit saja sudah bisa mencair. Logam ini tidak cocok untuk konstruksi bangunan karena tidak akan tahan lama. Tapi, kamu bisa coba untuk membuat temanmu kaget, yaitu dengan mengaduk minuman hangat dengan sendok dari galium.
    Galium yang mencair di tangan / Gambar via chemistry.about.com
    Temanmu pasti akan kaget dengan sendok yang lama-kelamaan akan lenyap. Anehnya, galium tidak cocok dengan aluminium karena dapat membuat kaleng menjadi serapuh kertas.
  4. Permukaan Anti Air (Hidrofobik)

    Cairan ini bisa kamu dapatkan di tempat umum. Cairan ini akan kembali ke bentuk semula meskipun kamu melemparkannya dan memainkannya, karena di pinggirnya sudah dilapisi pelapis hidrofobik, yang artinya menolak air walau bertetes-tetes.
    Hidrofobik / Gambar via aculon.com
    Air akan berkumpul di area yang tidak dilapisi cairan ini. Ide utama adanya cairan hidrofobik adalah untuk membuat fasilitas anti air atau anti kotor pada pakaian.
  5. Benda Melayang karena Gas

    Sulfur heksafluorida, dapat membuat suaramu berat ala bariton jika kamu menghirup sebuah balon dengan ini. Hal ini dikarenakan sulfur heksafluorida bersifat beberapa kali lebih berat dari udara biasa, jadi itu akan menurunkan frekuensi segala suara yang melewatinya, seperti halnya bagaimana helium bekerja walau secara kebalikannya.
    Melayang karena sulfur heksafluorida / Gambar via rebloggy.com
    Percobaan lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat benda mengapung atau melayang di udara dengan sulfur heksafluorida.
Boleh mencobanya, asalkan tetap ingat untuk keamanan dirimu ya!
Patahkan Ilmu Fisika, Zat ini Sempat Dikira Ilmu Sihir! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top