Thursday, December 8, 2016

Penting! Inilah yang Harus Kamu Tahu tentang MSG!

Sebutan MSG tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama di kalangan para wanita. MSG atau Monosodium Glutamat, seringkali disebut dengan penyedap rasa karena kerap digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Dipercaya bahwa semakin banyak memberi MSG maka makanan akan semakin nikmat.

MSG merupakan zat penyedap makanan yang diciptakan oleh Kikunae Ikeda, seorang pria Jepang di tahun 1908. Keunikannya adalah molekul dari makanan dapat melekat lebih kuat di lidah dan memberikan efek unik, sebuah rasa gurih yang disebut dengan umami. Inilah yang membuat makanan lebih sedap jika diberi MSG.
MSG / Gambar via global.britannica.com

Dibalik kelezatan MSG, tersimpan bahaya yang mengancam!

Namun, kelezatan MSG menjadi mencurigakan bagi pandangan para ahli. Dr. Russell Blaylock, seorang dokter ahli bedah syaraf menilai bahwa MSG adalah excitotoxin, yang berpotensi memicu atau memperburuk ketidakmampuan belajar, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakin Lou Gehrig, dan lainnya.

Berbanding terbalik dengan Dr. Russell, berdasarkan uji laboratorium WHO dan FDA menetapkan penggunaan MSG sebagai bahan makanan adalah aman. Begitu juga BPOM yang menyatakan bahwa penggunaan MSG dalam jumlah wajar konsumsi masih aman.

Tapi sebaiknya, asupa MSG maksimal per hari adalah 11,5%, sedangkan WHO merekomendasikan asupannya sebanyak 9,45 gram per hari.

Jika berlebihan, maka dapat berakibat pada sakit kepala, nyeri dada, dan keringat berlebih. Gejala ini sering dikenal dengan chinese food syndrome.

Oleh karena itu, jika kita mengolah makanan sendiri, kita dapat mengganti MSG dengan rasa yang lain misalnya mengkombinasikan garam dengan gula atau menggunakan kaldu.
Penting! Inilah yang Harus Kamu Tahu tentang MSG! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top